Ayam, kokok

Kokok Ayam sering Terdengar Dimalam Hari, Itu Pertanda Apa?

Allah menciptakan binatang tidak lain untuk kebaikan manusia, ada yang dikonsumsi daging, susu, juga kulitnya. Begitu juga banyak binatang yang memberikan inspirasi kepada manusia seperti burung gagak yang menginspirasi Qabil untuk mengubur saudaranya yang bernama Habil.

Dimalam hari, kita sering mendengar suara kokok ayam. Sebetulnya ada tanda-tanda yang ingin disampaikan untuk manusia. Hal ini seperti dalam Hadits Nabi,

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻗﺎﻝ: «ﺇﺫا ﺳﻤﻌﺘﻢ ﺻﻴﺎﺡ اﻟﺪﻳﻚﺓ ﻓﺎﺳﺄﻟﻮا اﻟﻠﻪ ﻣﻦ ﻓﻀﻠﻪ، ﻓﺈﻧﻬﺎ ﺭﺃﺕ ﻣﻠﻜﺎ، ﻭﺇﺫا ﺳﻤﻌﺘﻢ ﻧﻬﻴﻖ اﻟﺤﻤﺎﺭ ﻓﺘﻌﻮﺫﻭا ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻣﻦ اﻟﺸﻴﻄﺎﻥ، ﻓﺈﻧﻪ ﺭﺃﻯ ﺷﻴﻄﺎﻧﺎ

Artinya: diriwayatkan dari Abi Hurairah RA bahwasanya Nabi SAW bersabda:” Jika kalian mendengar suara Kokok Ayam maka berdoalah, minta anugerah Allah karena ia melihat malaikat, dan bila kalian mendengar suara keledai maka minta perlindungan kepada Allah dari syaitan karena keledai melihat Syaitan. (HR. Bukhari).

Menurut Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa disaat ada Kokok ayam dimalam hari  menunjukkan datangnya Malaikat, maka dianjurkan untuk berdoa. Hal ini ada beberapa alasan yang perlu dikupas.

Pertama, Malaikat akan mengamini doa seseorang yang mau bangun dimalam hari untuk shalat.

Kedua, Malaikat akan memintakan ampunan kepada orang yang berdoa pada waktu ini.

Ketiga, Turunnya Malaikat sebagai pertanda turunya rahmat Allah.

Dari penjelasan ini dapat dipahami bahwa sangat dianjurkan berdoa tatkala kedatangan orang-orang shaleh seperti halnya malaikat. Lebih lanjut, Imam al-Munawi mengutip penjelasan Nabi Sulaiman AS bahwa Ayam mengingatkan kepada manusia agar berdzikir kepada Allah saat orang-orang sedang tidur.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *