Kriteria Istri yang Dirindukan Surga

Kenikmatan dunia akan bertambah sempurna bila seseorang memiliki seorang istri yang taat kepada suaminya dalam hal kebaikan bukan dalam kemaksiatan atau kejahatan. Pada prinsipnya seseorang akan terbantu, termotivasi dalam hidupnya jika pendamping hidupnya mendukung, mensuport suaminya sehingga sebuah keluarga yang saling melengkapi satu dan lainnya.

Imam al-Mundziri dalam at-Targib wat-Tarhib mengutip sebuah hadits yang berisi tentang kriteria istri yang dirindukan oleh surga.

وعن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا صلت المرأة خمسها وحصنت فرجها وأطاعت بعلها دخلت من أي أبواب الجنة شاءت رواه ابن حبان في صحيحه

Artinya:”Diriwayatkan dari Abi Hurairah RA berkata:”Rasulullah bersabda:”Bila seorang istri menjalankan shalat lima waktu dan menjaga kemaluannya serta taat kepada suaminya maka akan masuk surga sesuai pintu yang ia inginkan. (HR. Ibnu Hibban dalam kitab Shahihnya).

Dari penjelasan ini dapat dipahami bahwa bila seorang istri menjalankan kewajiban yang berkaitan dengan Allah dan taat kepada suaminya merupakan kunci sukses dirinya untuk mendapatkan kemuliaan di dunia dan akhirat. Bahkan surga selalu merindukannya karena pada prinsipnya seorang istri berkewajiban taat kepada suaminya.

Berapa banyak orang yang menjadi hancur masa depannya dikarenakan pengaruh buruk istrinya. Begitu juga berapa banyak kesuksesan seorang suami berkat dukungan dari istrinya.

Bagikan

moh afif sholeh

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *