Politik Ala Nabi

Ingin Mulia Dunia dan Akhirat, Lakukanlah 5 Hal Ini

Kedudukan mulia tak akan didapatkan bila hanya berpangku tangan serta tak ada usaha dan upaya untuk meraihnya. Orang yang ingin kaya, ia harus bekerja dan berusaha dengan kesungguhan begitu juga orang yang ingin kenyang maka ia harus makan.

Manusia tak lantas mendapatkankan kemuliaan, kedudukan yang tinggi dengan hanya melamun atau menghayal semata, semua membutuhkan perjuangan dengan pikiran, tenaga, dan materi pendukung lainnya.

Abu al-Lais as-Samarkandi dalam Tanbih al-Ghafilin menjelaskan orang yang akan mendapatkan kemuliaan di dunia dan akhirat harus melakukan lima hal ini.

Pertama, seseorang harus mampu mengendalikan hawa nafsunya dari segala kemaksiatan. Hal ini membutuhkan waktu dan kesabaran yang tinggi karena nafsu diumpamakan seperti anak kecil yang masih menyusui, bila ibunya tak menyapihnya maka sampai tua ia akan menyusu ibunya, begitu juga nafsu harus diarahkan dan dikendalikan sehingga tak mengarahkan kepada hal yang negatif.

Kedua, Menggunakan dunia secukupnya, ia tak terlena dengan kenikmatan sesaat sepertii jabatan yang hanya sesaat dibatasi oleh waktu.

Ketiga, Mendayakan seluruh jiwa dan raga untuk menjalankan ketaatan dan kebaikan karena ini sebagai sarana mendapatkankan ampunan dari Allah.

Keempat, mencintai orang-orang shaleh dan selalu bergaul dengan mereka karena akan mendapatkan kebaikan serta diakhirat mendapatkan syafaat mereka.

Kelima, Memperbanyak doa, terutama agar diberikan kemudahan untuk mendapatkan surga-Nya serta berharap Allah mengakhiri hayatnya dengan khusnul khatimah.

Hal-hal diatas merupakan sarana untuk mendapatkan kemuliaan dengan syarat harus selalu diamalkan dalam kehidupan maka ia akan mendapatkan keberkahan dalam hidupnya.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *