Lakukan hal ini Agar Berwisata  Lebih Bermakna

Momen liburan sekolah atau kerja sangat dinanti oleh setiap orang, agenda telah disusun sedemikian rupa agar menjadi tambah bermakna, ada yang hendak pulang kampung mengunjungi sanak famili, ada juga yang menghabiskan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat wisata terutama yang belum pernah dikunjungi. Agar dalam berwisata lebih bermakna dan menambah keberkahan, maka lakukan hal-hal ini:

Momen liburan sekolah atau kerja sangat dinanti oleh setiap orang, agenda telah disusun sedemikian rupa agar menjadi tambah bermakna, ada yang hendak pulang kampung mengunjungi sanak famili, ada juga yang menghabiskan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat wisata terutama yang belum pernah dikunjungi.

Agar dalam berwisata lebih bermakna dan menambah keberkahan, maka lakukan hal-hal ini:

Pertama, Niatkan untuk tujuan kebaikan pada setiap momen yang akan dikunjungi, karena al-Qur’an sangat menganjurkan untuk bepergian atau berwisata untuk tujuan menggali sejarah orang-orang terdahulu agar menjadi pelajaran untuk dirinya, misalnya dalam Ayat

قُلْ سِيرُوا فِي الْأَرْضِ ثُمَّ انظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِينَ (11)

Artinya: Katakanlah: “Berjalanlah di muka bumi, kemudian perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan itu”. QS. Al-An’am:11

Menurut Imam Tanthawi dalam tafsir al-Wasit, beliau menjelaskan bahwa Allah memerintahkan Rasulnya agar selalu berwisata untuk tujuan bertafakur atau berfikir akan ciptaan-Nya serta merenungi tanda-tanda kebesaran-Nya agar mempertebal keimanan.

Kedua, merenungi keagungan Ciptaan Allah yang maha kuasa, sehingga menambah keimanan. Hal ini sebagai perintah Agama, dan Sesuai dengan Surat Ali Imran:191 Yang berbunyi:

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ (191)

Artinya: (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

Maka dari itu selain tujuan berwisata, kita juga akan mendapatkan pengetahuan, pengalaman baru seta menambah wawasan akan keagungan Allah melalui ciptaan-Nya sehingga semakin bermakna.

Leave a Reply