untung di dunia

Lakukanlah Empat Hal Ini Agar Mendapatkan Keuntungan Di Dunia

Setiap manusia berharap dirinya menjadi orang yang beruntung di dunia dengan dimudahkan urusan harta serta mendapatkan tahta yang mulia dan didampingi istri yang cantik jelita. Namun harapan ini sekedar cita-cita belaka bila ia tak berusaha untuk mendapatkannya.

Belajar dari kesuksesan Nabi Dawud dan keluarganya yang diberikan tahta dan bergelimang harta tak terlepas dari usaha yang maksimal dan ibadah yang selalu ditunaikannya. Abu al-Lais as-Samarkandi dalam Tanbih al-Ghafilin mengutip perkataan Nabi Sulaiman yang menjelaskan bahwa ada empat hal bila dilakukan maka akan mendapatkan keuntungan dunia melebihi kenikmatan yang diberikan kepada Nabi Dawud dan keluarganya.

Pertama, Memiliki rasa takut kepada Allah (خشية الله) dalam keadaan sendirian maupun terang-terangan.

Kedua, Memiliki sikap sederhana (القصد) dalam keadaan kaya ataupun miskin.

Ketiga, Berbuat adil (العدل) dalam keadaan marah ataupun tenang.

Keempat, selalu memuji (حمد الله) kepada Allah dalam kondisi lapang maupun sempit.

Keempat hal ini bila dilakukan maka akan mendapatkan keuntungan yang besar bagi dirinya dan keluarganya karena ketakwaan merupakan modal penting seseorang menjadi mulia dihadapan Allah dan makhluk-Nya.

Sikap moderat dan adil dalam menghadapi apapun merupakan kunci dalam memperoleh keberhasilan karena tanpanya seseorang akan menjadi ekstrim dalam berpikir dan bertindak yang akan merugikan orang lain.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *