Politik Ala Nabi

Lakukanlah Hal-hal ini Agar Menjadi Pemimpin yang Dicintai Rakyatnya

Setiap orang selalu mengharapkan kehidupan diri dan keluarga semakin baik dengan tercukupi ekonominya serta tenteram keluarganya dan juga mendapat kedudukan yang tinggi dihadapan Allah dan dihadapan manusia. Sayangnya itu sekedar harapan saja tanpa ada langkah kongkrit untuk merealisasikan impiannya.

Abu Abdurrahman As-Sulami dalam Tabaqat as-Sufiyyah mengutip perkataan Seorang Ulama’ besar yang bernama Sirri as-Siqthi, ia pernah berkata:

ﺃﺭﺑﻊ ﺧﺼﺎﻝ ﺗﺮﻓﻊ اﻟﻌﺒﺪ اﻟﻌﻠﻢ ﻭاﻷﺩﺏ ﻭاﻷﻣﺎﻧﺔ ﻭاﻟﻌﻔﺔ

Ada empat hal yang akan mengangkat derajat seseorang: Pertama, Ilmu. Kedua, etika yang baik. Ketiga, amanah. Keempat, menjaga harga diri.

Kunci sukses seorang pemimpin harus memiliki empat hal sebagai  proses untuk mencapai kedudukan yang mulia.

Pertama, harus didasari ilmu, karena tanpanya seseorang tak akan mengetahui banyak hal.  Imam Nawawi dalam kitab Bustanul Arifin mengutip perkataan Imam As-Syafi’i:

ﻗﺎﻝ اﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﻨﻪ ﺗﻔﻘﻪ ﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﺗﺮﺃﺱ ﻓﺈﺫا ﺭﺃﺳﺖ ﻓﻼ ﺳﺒﻴﻞ ﺇﻟﻰ اﻟﺘﻔﻘﻪ

Imam As-Syafi’i berkata: “Belajarlah sebelum menjadi seorang pemimpin, jika kamu sudah menjadi seorang pemimpin maka tak ada waktu untuk belajar”

Dari penjelasan disini pentingnya belajar dengan serius agar siap dalam mengahadapi masalah yang akan datang.

Kedua, Akhlak yang baik harus dimiliki setiap orang yang berilmu terutama seorang pemimpin karena banyak orang pintar tapi Akhlaknya tidak benar, sebaliknya banyak orang baik tapi bukan dari kalangan terdidik.

Ketiga, Memiliki sifat amanah yang tinggi, karena dengan sifat ini seseorang akan dipercaya oleh masyarakat maupun rakyat.

Keempat, Menjaga diri dari hal yang terlarang, ini sikap yang sangat penting dimiliki seorang pemimpin karena akan menjadikan dirinya menjadi orang yang mulia karena selalu menjaga dari berbagai godaan dunia misalnya korupsi muapun yang lain.

Keempat hal ini sangat penting dimiliki setiap orang agar hidupnya semakin mulia dan terhormat di hadapan setiap orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *