Makrifat (Mengenal) Allah sebagai Pembuka Rahasia Ini

Orang yang sudah makrifat akan menjadi pribadi yang taat, serta ia akan menyadari kedangkalan dirinya, ia tak kuasa untuk berbuat tanpa izin dari-Nya.

Salah satu Kewajiban yang harus dilakukan pertama kali oleh manusia adalah Mengenal Allah (Makrifat) sebagai Dzat yang menciptakan segalanya. Hal ini bertujuan agar manusia mengenal lebih dekat yang menciptakan dirinya, juga menambah keyakinan yang mendalam akan peran Allah atas segala makhluk mulai dari memberi rizki dan mengatur segalanya.

Orang yang sudah makrifat akan menjadi pribadi yang taat, serta ia akan menyadari kedangkalan dirinya, ia tak kuasa untuk berbuat tanpa izin dari-Nya.

Ibnu Al-Mulaqqin dalam Tabaqat al-Aulia mengutip perkataan Dzunnun al-Misri (wafat pada tahun 246 H)

ﻣﻦ ﻋﺮﻑ ﺭﺑﻪ ﻟﻢ ﻳﻨﻘﻄﻊ ﺭﺟﺎﺅﻩ، ﻭﻣﻦ ﻋﺮﻑ ﻧﻔﺴﻪ ﻟﻢ ﻳﻌﺠﺐ ﺑﻌﻤﻠﻪ، ﻭﻣﻦ ﻋﺮﻑ اﻟﻠﻪ ﻟﺠﺎ اﻟﻴﻪ، ﻭﻣﻦ ﻧﺴﻰ اﻟﻠﻪ ﻟﺠﺎ ﺇﻟﻰ اﻟﻤﺨﻠﻮﻗﻴﻦ، ﻭاﻟﻤﺆﻣﻦ ﻻ ﻳﺴﻬﻮ ﺣﺘﻰ ﻳﻐﻔﻞ، ﻓﺈﺫا ﺗﻔﻜﺮ ﺣﺰﻥ ﻭاﺳﺘﻐﻔﺮ

Orang yang sudah makrifat kepada Tuhannya maka tak mudah putus asa untuk selalu berharap kepada-Nya  juga tak mudah bangga akan hasil yang telah didapatkan dan selalu bergantung pada-Nya. Orang yang lupa kepada Allah maka ia akan bergantung kepada makhluk-Nya. Seorang mukmin tak akan lupa  diri sampai dirinya melupakan-Nya. Bila ia mau berfikir maka ia akan bersedih dan selalu meminta ampunan.

Dari sini penting kiranya manusia selalu menambah ilmu agar terjadi kedekatan dengan pencipta-Nya sehingga hidupnya tambah bermakna serta terkabulkan doanya juga menjadi kekasih-Nya.

Leave a Reply