Memahami Tiga Hakikat Ujian Kehidupan yang Perlu Dipahami - masholeh.com
0 views

Memahami Tiga Hakikat Ujian Kehidupan yang Perlu Dipahami

Setiap manusia yang ingin diangkat derajatnya oleh Allah maka harus siap menghadapi ujian kehidupan seperti ujian sakit, ekonomi makin rumit, serta usaha semakin sulit bahkan hutang yang bertambah melilit.

durhaka kepada anak

durhaka kepada anak

Setiap manusia yang ingin diangkat derajatnya  oleh Allah maka harus siap menghadapi ujian kehidupan seperti  ujian sakit, ekonomi makin rumit, serta usaha semakin sulit bahkan hutang yang bertambah melilit.

Bila digali secara seksama, Allah memberikan ujian ini bertujuan agar manusia bertambah dewasa dan semakin belajar menyikapi perubahan dari waktu ke waktu sehingga menjadi pribadi yang selalu siap dan waspada serta tak mudah terlena dengan kepentingan sesaat.

Baca juga: http://masholeh.com/saat-mendapatkan-kiritikan-maupun-pujian-bersikaplah-seperti-ini/

kitab Hilyat Al-Aulia mengutip perkataan Abu Bakar bin Thahir,

في المحن ثلاثة أشياء: تطهير وتكفير وتذكير، فالتطهير من الكبائر والتكفير من الصغائر والتذكير لأهل الصفا

Dalam sebuah ujian ada tiga hikmah penting. Pertama, untuk mensucikan diri dari dosa-dosa besar (Tathir). Kedua, menghapus dosa-dosa kecil yang telah dilakukan (takfir). Ketiga, sebagai penhingat bagi orang yang ingin mensucikan hati (tadzkir).

Baca juga: http://masholeh.com/2-alasan-musibah-diturunkan-oleh-allah/

Dari penjelasan ini dapat dipahami bahwa Allah menguji seseorang agar amal perbuatannya menjadi lebih baik dan berguna bukan untuk menyiksa ataupun memberikan adzab kepada hambanya. Seseorang akan sadar tentang  nikmatnya sehat manakala sedang merasakan sakit. Seseorang akan merasa lebih nikmat saat ia pernah merasakan  kekurangan materi.

Baca juga: http://masholeh.com/orang-yang-menjaga-shalatnya-akan-dijauhkan-dari-hal-hal-ini/

Untuk menghadapi segala ujian ini, seseorang harus berpositif thinking kepada Allah dan Menghadapi segalanya dengan sikap sabar tanpa terlalu membebani orang lain dengan keluhan-keluhan yang akan menjatuhkan harga dirinya sendiri. Salah satu penyebab seseorang tak dihargai, tak dihormati disebabkan terlalu berharap kepada bantuan orang lain, maka dari itu jauhkan diri dari sifat tamak kepada manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *