Menguap Saat Shalat, Lakukanlah Hal Ini - masholeh.com
0 views

Menguap Saat Shalat, Lakukanlah Hal Ini

Islam tidak hanya mengatur urusan akidah dan Syariat belaka, namun juga dalam urusan etika, cara bertata krama yang baik dalam kehidupan sehingga menjadi manusia yang beradab dan bermartabat dihadapan makhluk lainnya.

Saat manusia menguap dianjurkan untuk menutup mulut dengan tangannya atau menahan sejenak agar tak mengeluarkan suara yang tak elok didengar. Hal ini berdasarkan hadits Nabi,

عن أبي هريرة رضي الله عنه، عن النبي صلى الله عليه وسلم، قال: ” التثاؤب من الشيطان، فإذا تثاءب أحدكم فليرده ما استطاع، فإن أحدكم إذا قال: ها، ضحك الشيطان. رواه البخاري

Artinya:”Diriwayatkan dari Abi Hurairah RA, Nabi bersabda:”Menguap merupakan dari syaitan, ketika kalian sedang menguap maka tahanlah semampu kalian. Bila kalian berkata:”haa, maka Syaitan mentertawakanmu. (HR. Bukhari).

Baca : http://masholeh.com/nasehat-nabi-agar-tak-terburu-buru-ketika-hendak-shalat-shalat/

Menurut Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa saat seseorang menguap maka sebaiknya ditahan agar tak mengeluarkan kata-kata yang tak baik. Hadist ini berisi anjuran untuk tidak makan terlalu kenyang karena akan menjadi penyebab seseorang sering menguap.

Baca : http://masholeh.com/jabatan-penting-etika-jauh-lebih-penting/

Menurut Imam Ramli  dalam Fatawanya menjelaskan bahwa saat seseorang menguap dalam shalat maka sebaiknya menutup mulutnya menggunakan tangan kirinya, boleh dengan telapak tangan atau bagian luarnya karena akan mendapatkan pahala mengikuti Sunnah Nabi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *