tidur, tafsir mimpi, mimpi, mimpi bertemu nabi

Mimpi Bertemu Nabi Yahya, Tafsirnya Apa?

Mimpi ada yang benar juga ada yang salah. Tergantung kondisi orang yang bermimpi, sebelum ia tidur dalam keadaan suci atau tidak. Begitu juga salah benarnya mimpi dilihat dari waktu-waktunya juga. Diantara waktu mimpi yang biasanya tepat adalah diwaktu seperti tiga malam menjelang waktu subuh.

Bila seseorang bermimpi bertemu dengan para Nabi atau Rasul tidak harus dari kalangan orang shaleh saja, namun bisa dari semua kalangan baik ulama, pejabat, atau rakyat biasa.

Baca juga: Mimpi Bertemu Rasulullah, khusus Orang Baik Sajakah?

Menurut Imam Abdul Ghani An-Nablusi dalam kitab Ta’thirul Anam fi Ta’biril Manam menjelaskan bila seseorang mimpi bertemu dengan Nabi Yahya bin Zakaria Alaihissalam maka ini pertanda baik dan positif bagi orang yang bermimpi. Ini penjelasan selengkapnya sebagai berikut

(ﻳﺤﻴﻰ ﻋﻠﻴﻪ اﻟﺼﻼﺓ ﻭاﻟﺴﻼﻡ) ﻣﻦ ﺭﺁﻩ ﻓﻲ اﻟﻤﻨﺎﻡ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺆﺗﻰ ﻭﺭﻋﺎ ﻭﺗﻘﻰ ﻭﻋﺼﻤﺔ ﻣﻦ اﻵﻓﺎﺕ ﻭﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﻟﻪ ﻧﻈﻴﺮ ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ: {ﻟﻢ ﻧﺠﻌﻞ ﻟﻪ ﻣﻦ ﻗﺒﻞ ﺳﻤﻴﺎ} . ﻭﻗﻮﻟﻪ: {ﻭﺳﻴﺪا ﻭﺣﺼﻮﺭا ﻭﻧﺒﻴﺎ ﻣﻦ اﻟﺼﺎﻟﺤﻴﻦ}

Nabi Yahya Alaihissalam. Barangsiapa bermimpi bertemu dengan Nabi Yahya maka orang tersebut akan diberikan sikap wira’i (sikap hati-hati terhadap hal yang belum jelas hukumnya) juga diberikan ketakwaan dan selamat dari berbagai hal-hal yang tak menyenangkan serta tak ada tandingannya lagi.

Hal ini berdasarkan Ayat yang berbunyi

يَا زَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ اسْمُهُ يَحْيَىٰ لَمْ نَجْعَلْ لَهُ مِنْ قَبْلُ سَمِيًّا

Artinya: Hai Zakaria, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia. (QS. Maryam:7)

Baca juga: Mimpi Bertemu Nabi Ya’kub, Ini Pertanda Apa?

juga ayat yang berbunyi

فَنَادَتْهُ الْمَلَائِكَةُ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي فِي الْمِحْرَابِ أَنَّ اللَّهَ يُبَشِّرُكَ بِيَحْيَىٰ مُصَدِّقًا بِكَلِمَةٍ مِّنَ اللَّهِ وَسَيِّدًا وَحَصُورًا وَنَبِيًّا مِّنَ الصَّالِحِينَ (39

Artinya:
Kemudian Malaikat (Jibril) memanggil Zakariya, sedang ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab (katanya): “Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran (seorang puteramu) Yahya, yang membenarkan kalimat (yang datang) dari Allah, menjadi ikutan, menahan diri (dari hawa nafsu) dan seorang Nabi termasuk keturunan orang-orang saleh”(QS: 39)

Lebih lanjut Imam Abdul Ghani An-Nablusi menambahkan penjelasannya



ﻭﻣﻦ ﺭﺃى ﻳﺤﻴﻰ ﻋﻠﻴﻪ اﻟﺴﻼﻡ ﻓﺈﻥ ﺫﻟﻚ ﺣﻴﺎﺓ ﻭﺩﻭﻟﺔ ﻭﺑﺸﺎﺭﺓ ﺗﺄﺗﻴﻪ

Barangsiapa bermimpi bertemu dengan Nabi Yahya maka ini pertanda sebagai kehidupan juga sebagai sebuah Negara dan kabar baik yang akan diterima.

Maka dari itu, orang yang pernah bermimpi bertemu dengan Nabi Yahya akan mendapatkan beberapa kebaikan yang ia hadapi.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *