Tafsir Mimpi

Mimpi Melihat Basmalah, Ini Tafsirnya

Masholeh.com. Basmalah yaitu membaca bismillahirrahmanirrahim yang berarti  menyebut nama Allah yang Maha pengasih dan Maha penyayang. Kalimat ini bila dibaca dalam awal permulaan segala sesuatu maka akan diberikan keberkahan tersendiri bagi yang membacanya.

Hal ini sesuai hadis Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﻋﻦ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻧﻪ ﻗﺎﻝ: ” ﻛﻞ ﺃﻣﺮ ﺫﻱ ﺑﺎﻝ ﻻ ﻳﺒﺪﺃ ﻓﻴﻪ ﺑﺎﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﻓﻬﻮ ﺃقطع. رواه أبو داود وابن ماجه

Artinya: Diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu berkata: Bahwasanya Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: Segala sesuatu yang baik bila tidak dimulai dengan basmalah maka akan terputus (kurang berkahnya). (HR. Abu Dawud dan An Nasa’i)

Menurut Imam Nawawi dalam kitab Al Adzkar menjelaskan bahwa maksud dari kata aqtha’ (أقطع) adalah kurang berkah. Jadi segala amal perbuatan yang tidak diawali dengan basmalah maka kurang sempurna, kurang afdhal.

Sedangkan bila ada orang yang bermimpi melihat tulisan bismillahirrahmanirrahim maknanya apa?

Menurut Syeh Abdul Ghani An Nablusi dalam kitab Ta’thirul Anam fi Ta’biril Manam menjelaskan

ﺑﺴﻤﻠﺔ) ﻣﻦ ﺭﺁﻫﺎ ﻓﻲ اﻟﻤﻨﺎﻡ ﺑﻜﺘﺎﺑﺔ ﺣﺴﻨﺔ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ اﻟﻌﻠﻢ ﻭاﻟﻬﺪاﻳﺔ ﻭاﻟﺮﺯﻕ ﺑﺒﺮﻛﺘﻬﺎ

Barangsiapa melihat kalimat basmalah dengan tulisan yang indah maka hal ini menujukkan ilmu pengetahuan dan hidayah rizki dengan berkahnya kalimat tersebut.

Dari penjelasan ini, orang yang bermimpi kalimat thayyibah atau kalimat yang baik maka ia akan memperoleh banyak manfaat karena kalimat tersebut memuat isi surat Al Fatihah. Sedangkan Al Fatihah merupakan isi kandungan dari kitab suci Al-Qur’an.

Baca juga:

Bila kita telaah secara mendalam basmalah merupakan kalimat yang berisi pujian kepada Allah akan sifat kasih dan sayangnya kepada semua makhluknya terutama dibekali serta dicukupi urusan rizkinya tanpa pandang bulu, muslim atau non muslim, hewan ataupun tumbuhan.

Basmalah juga mengisyaratkan bahwa Rahmat Allah lebih luas daripada kemurkaannya. Sebanyak apapun dosa yang dilakukan manusia asal tak menyekutukannya maka Allah akan mengampuninya.

Kesimpulannya, orang yang mimpi melihat basmalah saja sudah mendapatkan keberkahannya apalagi orang yang selalu membacanya di manapun, kapanpun ia berada maka akan mendapatkan keberuntungan di dunia dan akhirat kelak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *