Ulama' yang terkecoh Jama'ahn

Mimpi Sedang Berdoa, Ini Penjelasan Tafsirnya

Doa merupakan perintah dari Allah bahkan orang yang tak mau berdoa akan mendapatkan kemurkaannya. Peranan doa sangat penting bagi kehidupan terutama sebagai bentuk pengakuan bahwa Allah dzat yang maha sempurna sedangkan dirinya sebagai hamba yang lemah tak memiliki daya maupun kekuatan kecuali atas izin dari-Nya.

Bila seseorang bermimpi sedang berdoa maka ini pertanda hal positif bagi orang yang bermimpi karena pada hakikatnya doa merupakan pengakuan diri akan ketidakberdayaan seorang hamba serta bukti kesempurnaan Allah Dzat yang maha sempurna.

Syeh Abdul Ghani An Nablusi dalam kitab Ta’thirul Anam Fi Ta’birul Anam menjelaskan tentang tafsir mimpi tentang orang yang sedang berdoa.

Mimpi Sedang Berdoa, Ini Penjelasan Tafsirnya
Mimpi Sedang Berdoa, Ini Penjelasan Tafsirnya

Ini penjelasan beliau secara lengkapnya

ﻭﻣﻦ ﺭﺃﻯ) ﺃﻧﻪ ﻳﺪﻋﻮ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺃﻭ ﻳﺪﻋﻲ ﻟﻪ ﺃﺻﺎﺏ ﺧﻴﺮا ﻭﻏﺒﻄﺔ ﻭاﻟﺪﻋﺎء ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﻗﻀﺎء اﻟﺤﺎﺟﺔ ﻭﻗﻴﻞ اﻟﺪﻋﺎء ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ اﻹﺟﺎﺑﺔ ﻻﺳﻴﻤﺎ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﺑﻴﺖ ﻣﻦ ﺑﻴﻮﺕ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻛﺎﻟﻤﺴﺠﺪ ﻭاﻟﺠﺎﻣﻊ ﻭﺇﻥ ﺭﺃﻯ ﺃﻧﻪ ﺩﻋﺎ ﺭﺑﻪ ﻓﻲ ﻇﻠﻤﺔ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﻨﺠﻮ ﻣﻦ ﻏﻢ ﻓﺈﻥ ﺭﺃﻯ ﺃﻧﻪ ﻳﺪﻋﻮ ﺭﺟﻼ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺘﻀﺮﻉ ﺇﻟﻴﻪ ﻣﺨﺎﻓﺔ.

Barangsiapa yang bermimpi dirinya sedang berdoa kepada Allah maka ia akan mendapatkan kebaikan dan harapan yang baik. Doa disini maksudnya terkabulnya hajat. Ada yang mengatakan doa sebagai petunjuk terkabulnya doa terutama saat di baitullah atau rumah Allah seperti di masjid.

Bila ia bermimpi berdoa saat kondisi gelap maka tafsirnya adalah ia akan terhindar dari kesedihan maupun kesusahan. Dan bila ia bermimpi sedang berdoa untuk seseorang maka maknanya ia sedang merasa ketakutan kepada dirinya.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)