amal kebaikan

Nasehat Imam Abu Yusuf kepada Harun Ar-Rasyid untuk Menegakkan Kebenaran

Salah satu Khalifah Daulah Abbasiyah yang terkenal adalah Harun Ar-Rasyid, ia dikenal sangat dekat dengan para ulama’, terbukti ketika memimpin kekhalifahan, ia meminta kepada Imam Abi Yusuf, murid dari Imam Abu Hanifah supaya menulis sebuah kitab yang membahas tentang urusan perpajakan. Keemudian Imam Abu Yusuf menyanggupi permintaan sang Khalifah tersebut.

Dari sini terlihat hubungan yang intens antara keduanya, bahkan di dalam muqaddimah kitab al-Kharaj tertuang banyak nasehat yang diberikan kepada Khalifah Harun Ar-Rasyid. Salah satunya tentang penegakan hukum yaitu:

إن الرعاة مؤدون إلى ربهم ما يؤدي الراعي إلى ربه. فأقم الحق فيما ولاك الله وقلدك ولو ساعة من نهار، فإن أسعد الرعاة عند الله يوم القيامة راع سعدت به رعيته

Sesungguhnya rakyat akan menghadap kepada Tuhannya, begitu juga para penguasa. Maka tegakkan kebenaran dalam menjalankan tugas yang sedang engkau pangku walau hanya sebentar, karena rakyat yang beruntung pada hari kiamat adalah yang mempunyai pemimpin atau penguasa yang mensejahterakan rakyatnya.

Dari nasehat ini dapat diambil kesimpulan bahwa rakyat dan pejabat harus saling mengerti, saling support dan memahami tugas masing-masing, terutama pejabat harus mengetahui kondisi rakyatnya, perihal kebutuhan, maupun sarana-sarana yang harus disediakan. Begitu juga sebagai rakyat jangan mudah menyalahkan atau mengkritik tanpa solusi, tapi harus ikut berperan aktif didalamnya.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *