Manusia diciptakan ke dunia ini tidak lain untuk mengabdi atau menyembah kepada Dzat yang menciptakannya. Tujuan dari ibadah adalah untuk mendapatkan keberuntungan di dunia dan akhirat.

Agar manusia mendapatkan kedudukan mulia dihadapan Allah maka ada dua cara yang harus dipenuhi. Ini sesuai pernyataan Imam Al-Ghazali dalam kitab Jawahir al-Qur’an

فعمدة الطريق أمران: الملازمة، والمخالفة؛ الملازمة لذكر الله تعالى، والمخالفة لما يشغل
عن الله

Tiang penopang menuju keberuntungan ada dua. Pertama, Selalu melakukan secara terus-menerus (al-Mulazamah). mengingat (dzikir) kepada Allah. Kedua, Selalu mencegah hal-hal yang melupakan kepada Allah.

Baca juga: http://masholeh.com/ini-penghalang-dalam-beribadah-menurut-imam-al-ghazali/

Maksud dzikir diatas tidak terbatas pada bacaan semata namun cakupannya sangat luas seperti melaksanakan segala kewajiban seperti shalat, puasa dan lainnya juga termasuk kedalam kategori dzikir. Begitu juga menjauhkan diri dari segala yang dilarang terutama yang berasal dari pengaruh hawa nafsu maupun perangkap syaitan merupakan kunci mendapatkan keberuntungan dan keridhaan dari Allah SWT.

Baca juga: http://masholeh.com/ahli-ibadah-yang-tertipu-menurut-imam-al-ghazali/

Dari penjelasan diatas, kedua cara ini bisa dilakukan bila mengerti akan ilmunya, terutama ilmu fikih yang membahas hukum halal dan haram sehingga langkahnya tertata serta tak mudah mengikuti hawa nafsu yang selalu mengajak kepada hal yang negatif.

Baca juga: http://masholeh.com/amalan-imam-al-ghazali-agar-terbuka-segala-kebaikan/

Syeh Zarnuji pengarang kitab Ta’lim al-Muta’allim pernah menjelaskan pentingnya mengetahui ilmu fikih, yaitu:

تَفَقَّهْ فَاِنَّ الْفِقْهَ اَفْضَلُ قَائِدٍ ÷ اِلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَاَعْدَلُ قَاصِدِ

Belajarlah ilmu fikih dikarenakan sebaik-baiknya petunjuk dalam hal kebaikan dan ketakwaan serta sebagai penuntun menuju keadilan.

Kesimpulannya adalah orang yang ingin mendapatkan keberuntungan maka harus mengetahui hal-hal yang dilarang dan diperbolehkan.

Nasehat Imam al-Ghazali: Agar Mendapatkan Ridha Allah
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *