Nasehat Imam Al-Junaid: Larangan Berambisi Mendapatkan Kedudukan dengan Cara yang Batil - masholeh.com
0 views

Nasehat Imam Al-Junaid: Larangan Berambisi Mendapatkan Kedudukan dengan Cara yang Batil

Bila dikaji secara mendalam apapun yang dilakukan oleh manusia, semua mengandung konsekuensi yang akan ia terima, baik maupun buruknya. Maka sangat dibutuhkan kehati-hatian dalam bertindak.

TERLENA DUNIA

TERLENA DUNIA

Kedudukan atau jabatan selalu menggiurkan setiap manusia. Alasannya adalah karena dalam dirinya ada keinginan atau Syahwat untuk menjadi orang mulia. Sayangnya banyak orang yang berambisi mendapatkankannya dengan cara-cara yang kurang terpuji, misalnya dengan cara menyuap atau menghabisi lawan-lawannya sampai hilangnya nyawa mereka.

Bila dikaji secara mendalam apapun yang dilakukan oleh manusia, semua mengandung konsekuensi yang akan ia terima, baik maupun buruknya. Maka sangat dibutuhkan kehati-hatian dalam bertindak.

Ibnu al-Mulaqqin dalam Tabaqat al-Aulia mengutip perkataan Imam al-Junaid:

ﻭﻗﺎﻝ: ” ﻣﻦ ﻃﻠﺐ ﻋﺰا ﺑﺒﺎﻃﻞ ﺃﻭﺭﺛﻪ اﻟﻠﻪ ﺫﻻ ﺑﺤﻖ “.

Artinya: “Barangsiapa mencari kedudukan yang tinggi dengan cara yang batil maka Allah akan memberikan kehinaan yang nyata.”

Dari sini dapat dipahami bahwa orang yang mencari kedudukan dengan cara yang kurang baik maka akan mendapatkan balasan yang setimpal, terutama menjelang Pemilihan Umum (Pemilu).

Selanjutnya Imam al-Junaid memberi solusi menghadapi semuanya terutama dengan menggunakan etika atau akhlak yang baik. Beliau membagi etika menjadi dua kategori:

اﻷﺩﺏ ﺃﺩﺑﺎﻥ: ﺃﺩﺏ اﻟﺴﺮ، ﻭﺃﺩﺏ اﻟﻌﻼﻧﻴﺔ.ﻓﺎﻷﻭﻝ ﻃﻬﺎﺭﺓ اﻟﻘﻠﺐ ﻣﻦ اﻟﻌﻴﻮﺏ، ﻭاﻟﻌﻼﻧﻴﺔ ﺣﻔﻆ اﻟﺠﻮاﺭﺡ ﻣﻦ اﻟﺬﻧﻮﺏ

Artinya: etika atau akhlak terbagi menjadi dua: Pertama, etika sirr yang tersembunyi yaitu mensucikan hati dari segala aib atau kekurangan. Kedua, etika disaat terang-terangan, yaitu dengan menjaga anggota badan dari segala dosa.

Jabatan memang penting, tapi lebih penting mendapatkannya dengan cara baik sehingga jabatannya tak cepat terpelanting.

Teras Depok, 25/12/2018, 19:30 WIB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *