Nasehat Imam Ar-Razi tentang 4 Hal yang perlu Dipraktekkan dalam Kehidupan Sehari-hari - masholeh.com
0 views
Ulama' yang terkecoh Jama'ahn

Islam menganjurkan kepada umatnya untuk selalu berdoa kepada Allah sebagai Tuhan, tempat mengeluh, mengadu akan permasalahan yang dihadapi baik urusan dunia maupun akhirat dengan memperhatikan syarat-syarat berdoa agar segera terkabulkan.

Sebuah bangunan tak akan mampu bertahan lama dan kokoh tanpa adanya pondasi yang kuat sebagai dasarnya. Begitu juga ajaran Islam tak akan menjadi sempurna bila tak dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Imam Ar-Razi dalam Tafsirnya yang berjudul Mafatih al-Ghaib menjelaskan tentang empat hal ini bila dilakukan maka akan menjadi sempurna.

Pertama, tentang strategi agar Agama Islam menjadi kokoh.

ﻻ ﻳﺘﻢ اﻟﺪﻳﻦ ﺇﻻ ﺑﺎﻟﺘﻘﻮﻯ

Agama tak akan menjadi sempurna kecuali jika umatnya selalu bertakwa (menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya).

baca juga 5 Nasehat As Sirri As Siqti yang perlu Dicermati

Kedua, Cara agar seseorang dihargai dan dipercaya oleh orang lain yaitu,

ﻭﻻ ﻳﺘﻢ اﻟﻘﻮﻝ ﺇﻻ ﺑﺎﻟﻔﻌﻞ

Ucapan seseorang tak akan menjadi sempurna bila tak dibarengi dengan perbuatan. Pada prinsipnya prilaku seseorang merupakan cerminan dari dalam dirinya.

Ketiga, tentang harga diri seseorang.

ﻭﻻ ﺗﺘﻢ اﻟﻤﺮﻭءﺓ ﺇﻻ ﺑﺎﻟﺘﻮاﺿﻊ

Harga diri seseorang tak akan menjadi sempurna bila tak dibarengi dengan sikap rendah hati. Sikap ini  sangat dicintai oleh Allah dan menjadi penyebab seseorang akan dinaikkan derajatnya dihadapan manusia.

Baca juga 5 Nasehat Abu Hurairah yang penting Diterapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Keempat, tentang ilmu yang bermanfaat yaitu

ﻭﻻ ﻳﺘﻢ اﻟﻌﻠﻢ ﺇﻻ ﺑﺎﻟﻌﻤﻞ

Ilmu akan menjadi lebih sempurna bila diamalkan atau dipraktekkan dalam kehidupan.

Maka dari itu keempat hal ini penting diamalkan agar seseorang mendapatkan kesejahteraan di dunia dan diakhirat terutama orang yang mengaku beragama seharusnya prilakunya tak bertentangan dengan ajaran-Nya. Ibarat sebuah lilin mampu menerangi sekitar tetapi menghancurkan dirinya sendiri. Sungguh hal ini sangat dikhawatirkan karena akan menghancurkan Agamanya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *