shalat jamaah

Nasehat Nabi Agar Tak Tergesa-gesa saat hendak Shalat

Shalat merupakan bentuk munajat antara hamba kepada Tuhannya sebagai bentuk ketaatan yang dilakukan pada waktu-waktu yang telah ditentukan. Begitu juga shalat akan diterima bila memenuhi syarat dan rukun-rukunnya.

Nabi selalu berpesan kepada umatnya ketika hendak melakukan  shalat  agar tak terburu-buru, tetapi  lebih baik menjaga diri supaya menjaga ketenangan hati dan badan karena hal ini akan mendatangkan kekhusyukan dalam shalat. Hal ini sesuai keterangan dalam hadits Nabi,

ﻋﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﻗﺘﺎﺩﺓ، ﻋﻦ ﺃﺑﻴﻪ، ﻗﺎﻝ: ﺑﻴﻨﻤﺎ ﻧﺤﻦ ﻧﺼﻠﻲ ﻣﻊ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺇﺫ ﺳﻤﻊ ﺟﻠﺒﺔ ﺭﺟﺎﻝ، ﻓﻠﻤﺎ ﺻﻠﻰ ﻗﺎﻝ: «ﻣﺎ ﺷﺄﻧﻜﻢ؟» ﻗﺎﻟﻮا: اﺳﺘﻌﺠﻠﻨﺎ ﺇﻟﻰ اﻟﺼﻼﺓ؟ ﻗﺎﻝ: «ﻓﻼ ﺗﻔﻌﻠﻮا ﺇﺫا ﺃﺗﻴﺘﻢ اﻟﺼﻼﺓ ﻓﻌﻠﻴﻜﻢ ﺑاﻟﺴﻜﻴﻨﺔ، ﻓﻤﺎ ﺃﺩﺭﻛﺘﻢ ﻓﺼﻠﻮا ﻭﻣﺎ ﻓﺎﺗﻜﻢ ﻓﺄﺗﻤﻮا»

Artinya: Diriwayatkan dari Abdillah bin Abi Qatadah, dari ayahnya berkata: Tatkala kami sedang shalat bersama Nabi, beliau mendengarkan gemuruh atau gaduh para lelaki. Ketika selesai shalat, Nabi bertanya:”Apa yang kalian lakukan?” lantas mereka menjawab:”Kami terburu-buru melakukan shalat?” Kemudian Nabi berkata:”Jangan kalian lakukan, ketika hendak shalat maka bersikap tenanglah,  dan raka’at yang kalian dapatkan maka ikutilah shalat, bila tertinggal maka tinggal melengkapi saja. (HR. Bukhari).

Menurut Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa hadits ini memberi anjuran untuk selalu memiliki sikap ketenangan di segala kondisi terutama yang berkaitan dengan hak Allah maupun yang lain. Shalat membutuhkan ketenangan batin karena akan menambah kekhusyukan, utamanya dalam shalat berjamaah. Bila tertinggal raka’at maka tinggal menambah kekurangannya.

Ini menunjukkan bahwa Islam agama yang mudah dan lebih mengedepankan kualitas shalat dalam kondisi tenang sehingga membawa dampak positif bagi dirinya sendiri karena terburu-buru merupakan ajaran dari syaitan.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *