nasehat nabi

Nasehat Nabi Sulaiman agar Mendapatkan Kemuliaan di Dunia

Harta, tahta, wanita sebagai hiasan dunia yang selalu menyilaukan setiap mata manusia. Banyak orang yang hancur harga dirinya disebabkan terlena akan kecantikan paras wajah wanita. Beruntung orang yang mampu menahan dari godaan dunia.

Dalam Tanbih al-Ghafilin, Abu al-Lais as-Samarkandi mengutip riwayat dari Muhammad bin Ka’ab al-Quradzi yang menceritakan bahwa suatu hari Nabi Sulaiman bin Dawud sedang berkendara, kemudian kaumnya bertanya:”Wahai utusan Allah, engkau telah diberikan sesuatu oleh Allah yang tak dimiliki oleh orang lain.”

Baca juga : http://masholeh.com/kunci-mulia-dunia-dan-akhirat-lakukanlah-5-hal-ini/

Kemudian Nabi Sulaiman berkata:”Ada empat hal bila dilakukan maka akan diberikan sesuatu yang lebih dari yang diberikan kepada keluarga Nabi Dawud dalam urusan dunia.”

Pertama, memiliki rasa takut kepada Allah dalam kondisi sendirian (rahasia) maupun sedang banyak orang (terang-terangan).

Baca juga : http://masholeh.com/jabatan-penting-etika-jauh-lebih-penting/

Kedua, Bersikap sederhana, sewajarnya dikala sedang kaya (berkecukupan) maupun saat kekurangan (fakir).

Ketiga, berbuat adil saat kondisi tenang maupun saat sedang marah.

Keempat, selalu memuji kepada Allah disaat sedang mengalami kemudahan dan kesusahan.

Dari sini, bila seseorang berbuat kebaikan dalam Kondisi apapun atau selalu istiqamah saat susah maupun senang, kaya maupun sedang mengalami kurang biaya maka Allah akan memberikan kemuliaan di dunia dan akhirat.

Maka dari itu, kunci Kemuliaan adalah mau bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan serta menggunakan nikmat itu dengan baik tanpa berlebihan.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *