Berita,  Hikmah

Negeri Ini Berduka atas Meninggalnya KH. Sholahuddin Wahid atau Gus Sholah

Berita meninggalnya KH. Shalahuddin Wahid atau dikenal dengan sebutan Gus Sholah menggemparkan setiap orang khususnya para santri, dan jama’ah maupun kerabat-kerabatnya. Beliau ulama’ kharismatik yang sangat santun, mengajarkan kehidupan dengan rasa kasih sayang.

Baca juga: https://masholeh.com/agar-menjadi-seorang-ulama-ini-resepnya/

Ulama’ merupakan pewaris para Nabi, mereka mewarisi ilmu dan nasehat-nasehat bijaknya sehingga layak untuk diikuti prilakunya. Tanpa Ulama’ niscaya manusia dalam kebimbangan dan keragu-raguan dalam mengamalkan ajaran-ajaran agama.

Kematian ulama’ merupakan musibah terbesar bagi umat manusia. Hal ini diibaratkan sebagai lentera yang padam sehingga sekitarnya menjadi gelap gulita. Mereka menuntun umat manusia sebagai wujud kepedulian sosial sebagaimana yang telah diajarkan oleh para Nabi.

Ada keterangan dalam sebuah Hadits Nabi

وعن أبي الدرداء قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: موت العالم مصيبة لا تجبر وثلمة لا تسد وهو نجم طمس. وموت قبيلة أيسر لي من موت عالم. رواه الطبراني في الكبير

Artinya:”Diriwayatkan dari Abi Darda’ berkata: “Aku mendengar Rasulullah bersabda:”Kematian orang alim merupakan sebuah musibah yang tak bisa tergantikan dan kebocoran yang tak bisa ditambal. ibarat bintang yang redup sinarnya. Hilangnya sebuah kabilah lebih ringan bagiku daripada meninggalnya seorang alim. (HR. Thabrani dalam kitab Al-Kabir).

Baca juga: https://masholeh.com/ini-empat-ciri-ulama-yang-mendalam-ilmunya/

Imam al-Hisni dalam Kifayatul Akhyar mengutip perkataan Umar bin Khattab:

لموت ألف عابد قائم الليل صائم النهار أهون من موت العالم البصير بحلال الله تعالى وحرامه

Kematian seribu orang yang ahli ibadah yang selalu shalat malam dan puasa di pagi hari lebih ringan daripada kematian orang alim yang mengetahui sesuatu yang dihalalkan dan diharamkan oleh Allah.

Dari penjelasan ini, kematian orang alim selalu membawa kesedihan para jama’ahnya maupun santri dan murid-muridnya, dikarenakan mereka orang yang menuntun ke jalan kebaikan serta mengisi hati mereka dengan petuah hikmah-hikmah kehidupan yang menenteramkan jiwa mereka.

Bagikan

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *