Agar tak Terlena dengan Dunia - masholeh.com
1 views
TERLENA DUNIA

TERLENA DUNIA

Manusia terlahir ke dunia ini melalui beberapa fase yang telah dilalui mulai di alam rahim. Ia berasal dari seperma yang kemudian berubah menjadi darah segumpal lalu menjadi daging dan tersusun beberapa tulang-belulang dan pada akhirnya diberikan ruh.

Setelah terlahir ke dunia ini berupa bayi yang selalu berkembang, tumbuh setiap saat, ia berubah menjadi kanak-kanak dan tumbuh menjadi dewasa dan pada akhirnya berubah menjadi tua. Dari sini, adanya perubahan setiap waktu agar pola pikir, dan tingkah lakunya menjadi dewasa. Sayangnya kadangkala prilaku orang tua tak menunjukkan kedewasaan malah seperti anak baru gede (ABG) terutama dalam urusan harta, tahta, wanita dan Toyota.

Hal ini seperti keterangan dalam Hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim,

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ ﻗﻠﺐ اﻟﺸﻴﺦ ﺷﺎﺏ ﻋﻠﻰ ﺣﺐ اﺛﻨﺘﻴﻦ ﺣﺐ اﻟﻌﻴﺶ ﺃﻭ ﻗﺎﻝ ﻃﻮﻝ اﻟﺤﻴﺎﺓ ﻭﺣﺐ اﻟﻤﺎﻝ ﺭﻭاﻩ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻭﻣﺴﻠﻢ

Artinya: Diriwayatkan dari Abi Hurairah RA bahwasanya Nabi bersabda:”Hati orang tua akan menjadi muda disebabkan terlalu cinta 2 hal yaitu cinta kehidupan atau Nabi bersabda:”Ingin memiliki umur panjang dan gila harta. (HR. Bukhari dan Imam Muslim).

Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa hati orang tua Selalu tergila-gila akan harta benda seperti semangatnya anak muda. Imam Nawawi menambahkan bahwa hikmah pengkhususan dua hal yang menjadi kecintaan orang tua adalah kebutuhan mendasar karena setiap orang ingin mendapatkan umur yang panjang dengan bergelimang harta sebagai modal penghidupannya.

Dari penjelasan ini, umur panjang memang menjadi dambaan setiap orang, seharusnya digunakan untuk hal positif dengan tujuan jangka panjang, tidak hanya urusan dunia semata namun sampai akhirat kelak. Harta memang penting tapi akhirat jauh lebih penting, maka dari itu bekal yang paling utama adalah ilmu yang mampu menuntun dirinya agar tak menjadi celaka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *