Pahala Bagi Orang Mati Meninggalkan Tiga Anak Yang Belum Baligh - masholeh.com
0 views
durhaka kepada anak

durhaka kepada anak

Anak merupakan anugerah dari Dzat yang Maha Kuasa. Orangtuanya wajib mendidik mereka dengan baik, mengenalkan Tuhan yang wajib disembah serta kewajiban-kewajiban yang lain. Sayangnya Umur tak ada yang mengetahuinya kecuali Allah.

Bila orangtuanya wafat terlebih dahulu meninggalkan tiga anak yang belum baligh maka Allah akan memberikan keistimewaan yang mulia. Hal ini seperti dalam Hadits Nabi,

ﻋﻦ ﺃﻧﺲ ﺑﻦ ﻣﺎﻟﻚ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: ﻣﺎ ﻣﻦ اﻟﻨﺎﺱ ﻣﺴﻠﻢ، ﻳﻤﻮﺕ ﻟﻪ ﺛﻼﺛﺔ ﻣﻦ اﻟﻮﻟﺪ ﻟﻢ ﻳﺒﻠﻐﻮا اﻟﺤﻨﺚ، ﺇﻻ ﺃﺩﺧﻠﻪ اﻟﻠﻪ اﻟﺠﻨﺔ ﺑﻔﻀﻞ ﺭﺣﻤﺘﻪ ﺇﻳﺎﻫﻢ

Artinya: diriwayatkan dari Anas bin Malik RA berkata: Rasulullah bersabda:”Tidaklah seorang muslim meninggal dunia, ia meninggalkan tiga anak yang belum baligh kecuali Allah akan memasukkannya kedalam Surga disebabkan anugerah kasih sayang-Nya kepada Anak-anak mereka. (HR. Bukhari).

Menurut Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa dalam hadist ini tak terbatas kepada anak lelaki saja namun juga anak perempuan serta yang menjadi batasan adalah tiga dikarenakan hitungan itu sebagai urutan awal yang memilik arti banyak. Atas anugerah Allah kepada anak-anak yang orangtuanya telah meninggal dunia maka dosa orangruanya terampuni dan akan dimasukkan kedalam Surga.

Dari penjelasan ini, anak-anak yang belum baligh belum memiliki dosa dan mampu memberi pertolongan (syafaat) kepada orangtuanya yang telah meninggal dunia. Betapa besar anugerah Allah yang diberikan kepada hambanya, sayangnya manusia sering lupa akan hal itu sehingga seringkali ia mengingkari nikmat-Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *