pemilu, pilkada

Pemilu telah Usai, Lakukanlah Hal Kecil Ini

Pesta demokrasi telah usai, tinggal menunggu hasil dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Seyogyanya setiap individu saling menghormati dan menghargai perbedaan pilihan masing-masing dan memulai aktivitas seperti semula, jangan sampai menyisakan luka lama sehingga menjadikan dendam di hati yang berkepanjangan. Bila tak segera diobati akan menambah beban mental.

Langkah kongkrit yang harus dilakukan adalah memulai hal sederhana namun hasilnya akan mencairkan suasana yaitu mulai senyum, sapa, salaman dengan keluarga, tetangga, sahabat, rakyat maupun pejabat.

Hal ini sesuai anjuran dari Nabi Muhammad seperti dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim,

ﻋﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﻦ اﻟﺼﺎﻣﺖ، ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺫﺭ، ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﻟﻲ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: «ﻻ ﺗﺤﻘﺮﻥ ﻣﻦ اﻟﻤﻌﺮﻭﻑ ﺷﻴﺌﺎ، ﻭﻟﻮ ﺃﻥ ﺗﻠﻘﻰ ﺃﺧﺎﻙ ﺑﻮﺟﻪ ﻃﻠﻖ. رواه مسلم

Artinya: Diriwayatkan dari Abdullah bin as-Shamit dari Abi Dzar berkata: Nabi berkata kepadaku:” Jangan meremehkan kebaikan sekecil apapun walau sekedar senyum ketika bertemu saudaranya. (HR. Muslim).

Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa maksud kebaikan disini adalah segala kebaikan yang dianjurkan oleh Agama dan sesuai akal sehat manusia. Dari sini dapat dipahami bahwa Agama melarang meremehkan kebaikan sekecil apapun walau sekedar senyuman karena hal itu tak perlu mengeluarkan biaya maupun tenaga.

Dalam kitab Al-Adzkar, Imam Nawawi  menganjurkan untuk saling bersalaman,

ﻭﻳﺴﺘﺤﺐ ﻣﻊ اﻟﻤﺼﺎﻓﺤﺔ، اﻟﺒﺸﺎﺷﺔ ﺑﺎﻟﻮﺟﻪ، ﻭاﻟﺪﻋﺎء ﺑﺎﻟﻤﻐﻔﺮﺓ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ

Dianjurkan ketika bermushafahah atau bersalaman untuk memperlihatkan muka yang berseri-seri dan mendoakan agar mendapatkan ampunan maupun doa yang lain.

Anjuran ini sebagai langkah awal menuju rekonsiliasi setelah Pemilu agar tercipta keharmonisan di masyarakat sehingga suasana bertambah aman dan nikmat.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *