Pentingnya Mempelajari Ilmu Kalam atau Ilmu Tauhid

Salah satu ilmu yang wajib diketahui oleh setiap muslim dan muslimah adalah ilmu Tauhid atau ilmu Kalam karena dengan mempelajarinya seseorang akan mendapatkan keuntungan yang abadi, serta dijauhkan dari kerugian yang menyengsarakan dunia dan akhirat.

Menurut Imam Al-Ghazali dalam Kitab Al-Iqtishad fi al-I’tiqad menjelaskan bahwa ilmu Kalam atau ilmu tauhid adalah ilmu yang mempelajari tentang ketuhanan, Sifat-sifat dan Perbuatan-Nya serta Membahas akan kebenaran para Rasul. Ilmu ini juga bisa disebut ilmu akidah karena didalamnya membahas akidah yang benar. Imam Al-Ghazali menjelaskan bahwa akidah yang benar adalah akidah yang menghantarkan seseorang agar berprilaku moderat dalam keyakinannya tak terlalu ekstrim, juga tak terlalu berlebih-lebihan.

Lebih lanjut Imam Al-Ghazali dalam kitab Al-Munqidz min Ad-Dhalal menjelaskan bahwa tujuan mempelajari ilmu Kalam untuk menjaga akidah ahlussunah serta menjauhkan dari kerancuan maupun pemikiran ahli bid’ah.

Salah satu Ayat yang menginspirasi orang mukmin agar lebih mengenal Tuhannya tertuang dalam Surat Al-Anbiya’: 22 yang berbunyi:

لَوْ كَانَ فِيهِمَا آلِهَةٌ إِلَّا اللَّهُ لَفَسَدَتَا ۚ فَسُبْحَانَ اللَّهِ رَبِّ الْعَرْشِ عَمَّا يَصِفُونَ (22)

Artinya: “Sekiranya ada di langit dan di bumi tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu telah rusak binasa. Maka Maha Suci Allah yang mempunyai ‘Arsy daripada apa yang mereka sifatkan.”

Imam At-Thabari dalam Tafsirnya menjelaskan bahwa seumpama di langit dan di bumi ada Tuhan yang patut disembah selain Allah, niscaya langit dan bumi akan hancur, rusak. Menurut Imam Al-Baidhawi dalam Tafsirnya menjelaskan bahwa Ayat ini sebagai anjuran akan pentingnya mempelajari ilmu Tauhid agar semakin mengenal akan Allah sebagai pencipta Alam semesta ini.

Dari sini kita tahu bahwa seseorang akan lebih mengenal Tuhannya dengan cara berpikir, memahami ciptaan-Nya menggunakan akal pikiran yang selalu dituntun oleh Petunjuk-Nya yaitu lewat Al-Qur’an dan Sunnah Nabi.

Dengan demikian orang yang mengetahui ilmu Tauhid diharapkan agar mampu melawan segala godaan dalam dirinya maupun pengaruh dari luar misalnya pengaruh Syaitan, atau pemikiran yang mampu menggoyahkan keimanan, terutama urusan dunia yang selalu menjadikan orang menjadi terlena.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *