Pentingnya Mengenalkan Sejarah kepada Anak-anak Kita

Perjalanan hidup manusia dari masa ke masa selalu mengalami perubahan karakter, prilaku bahkan watak. Hal ini disebabkan banyak faktor yang mempengaruhinya diantaranya alasan faktor politik kekuasaan yang bisa merubah tatanan kehidupan. Banyak orang rela membunuh orang lain disebabkan karena kepentingan jabatan atau ambisi kekuasaan.

Menurut Ibnu Khaldun dalam Muqaddimahnya menjelaskan bahwa sejarah merupakan informasi tentang hal ihwal manusia sebagai makhluk yang memakmurkan alam ini.

Dalam sejarah umat manusia, ada beberapa golongan yang namanya diabadikan dan selalu dikenang karena kebaikan dan perjuangannya misalnya kisah para Nabi dan Rasul, orang-orang shaleh seperti Lukmanul hakim. Begitu juga banyak orang yang dikenal karena kejahatan, kebiadaban prilakunya seperti Fir’aun, Namrud. Semuanya menjadi Ibrah, pengalaman maupun petuah kehidupan bagi orang setelahnya.

Dari sini, penting kiranya orangtua mengenalkan kepada anak-anaknya sejarah bangsanya, tokoh-tokoh pejuang terutama yang menyebarkan ajaran Islam sehingga mereka tambah mengenal dan mampu melanjutkan perjuangan tanpa menghilangkan identitas bangsanya.

Anyer, 04 Juli 2019

Bagikan

moh afif sholeh

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Satu tanggapan untuk “Pentingnya Mengenalkan Sejarah kepada Anak-anak Kita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *