Penyebab Doa Tak Dikabulkan oleh Allah

Doa sangat penting peranannya bagi kehidupan manusia karena sebagai penghubung antara dirinya dengan penciptanya serta sebagai pengakuan ketidakberdayaan dirinya atas segala yang ia hadapi.

Permasalah yang sering terjadi adalah seorang manusia putus asa dalam berdoa, ia malah mengeluh seraya berkata aku sudah berdoa bertahun-tahun tetapi belum dikabulkan juga, buat apa aku berdoa kalau hal itu sia-sia saja. Hal ini merupakan salah satu faktor doa tak dikabulkan oleh Allah.

Baca juga: https://masholeh.com/belajar-berdoa-yang-baik-seperti-nabi-zakaria/

Imam Nawawi dalam Kitab Riayadhu Sholihin mengutip sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang menyoroti kejadian diatas,

وعن أبي هريرة رضي الله أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال:” يستجاب لأحدكم ما لم يعجل: يقول قد دعوت ربي، فلم يستجب لي”. متفق عليه

Diriwayatkan dari Abi Hurairah RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: Doa yang dipanjatkan oleh seorang akan dikabulkan oleh Allah selagi tak tergesa-gesa dengan mengatakan: aku telah berdoa kepada Tuhanku tetapi tak dikabulkan oleh-Nya. (Muttafaqun Alaihi).

Dalam Fatawa Dar Al-ifta Al-Misriyyah dijelaskan bahwa jika permintaan seseorang belum terlaksana bukan berarti Allah tak mengkabulkan doanya tetapi Allah akan menggantinya dengan pemberian yang lebih baik dari yang ia minta. Dari penjelasan ini menunjukkan bahwa Allah maha mengetahui segala-galanya akan memberikan sesuai kebutuhan yang ia butuhkan bukan segala yang ia minta.

Hadist diatas mengisyaratkan kepada kita agar selalu positif thinking kepada Allah karena hal ini kunci terkabulnya doa serta tak putus asa dalam memanjatkan doanya walau belum dikabulkan permintaannya karena pada hakikatnya doa merupakan bentuk ibadah dan yang melakukannya akan diberikan pahala serta kemuliaan diakhirat.

Bagikan

moh afif sholeh

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *