Penyebab Orang Berbuat Kejahatan - masholeh.com
0 views

Penyebab Orang Berbuat Kejahatan

Setiap orang mempunyai kebutuhan masing-masing, satu dan yang lain tak bisa disamakan. Namun untuk memenuhi kebutuhan itu, kadang manusia melakukan cara yang yang tidak dibenarkan.

Banyak hal yang menjadi motif orang melakukan kejahatan. Dalam hal ini al-Asfihani dalam kitab Adzariah ila Makarim as-Syariah menjelaskan:

الأسباب التي يحصل منها الأضرار جميع ذلك أربعة أسباب

Penyebab orang berbuat kejahatan termuat dalam empat hal:

Baca juga: http://masholeh.com/jauhi-tiga-sumber-kejahatan-ini/

Pertama, karena prilaku buruk seseorang, seperti orang yang menyakiti orang lain yang sudah menjadi kebiasaannya.

Kedua, mempunyai keinginan lebih atau syahwat yang kelewat batas, hal ini seperti yang dilakukan para begal motor, atau prilaku pemalakan di jalanan, ataupun bisnis prostitusi online yang sedang ramai diperbincangkan.

Ketiga, Kesalahan yang tak disengaja. Hal ini tak ada motif untuk mencelakakan orang lain, seperti orang yang melemparkan kertas ke tempat sampah, namun mengenai orang lain.

Baca juga: http://masholeh.com/larangan-berbuat-zalim-ini-kategorinya/

Keempat, kecelakaan, seperti seseorang yang bermain layang-layang kemudian layangannya putus dan mengenai pengendara motor, akhirnya ia tertabrak dengan kendaraan lain. Dari kejadian ini merupakan kecelakaan yang tak disengaja.

Maka dari itu, manusia harus berhati-hati dalam melangkah agar tak menyengsarakan orang lain disebabkan kecerobohan maupun ambisi yang berlebihan, terutama menjelang Pilpres, seyogyanya para pasangan capres dan cawapres serta pendukungnya tak sampai menggunakan strategi yang kotor sampai menghilangkan nyawa orang lain.

Baca juga: http://masholeh.com/tiga-hal-ini-keimanan-seseorang-menjadi-sempurna/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.