Manfaat Menggunakan Media Teknologi Sebaik-baiknya

Perkembangan Zaman semakin maju, terutama dalam bidang teknologi saat ini sungguh mengesankan. Sebuah perusahaan dalam computer atau alat komunikasi, bila tak berinovasi setiap saat, setiap waktu pasti akan tertinggal dengan perusahaan baru yang lebih produktif dan inovatif.

Gambaran diatas memberikan inspirasi kepada kita bila seseorang tak mau melihat gejala baru dalam bidang teknologi, dipastikan akan ketinggalan zaman, ketinggalan informasi, bahkan menjadi tersisih dari peredaran.

Maka dari itu orang yang melek atau mengenal Media akan selalu mampu merespon segala hal baru dengan cermat. Begitu juga Media sebagai sarana dalam menyebarkan ide, gagasan, bahkan doktrin sebuah ajaran.

Dari sini penting menjaga kode etik dalam bermedia untuk menyampaikan sebuah gagasan maupun ide. Bila kebohongan yang kita sebarkan, berarti siap menuai pundi-pundi dosa. Sebaliknya bila sebuah kebaikan yang kita sebarkan lewat media maka akan mendapatkan pahala.

Realita saat ini, media mampu meluluhkan sebuah tatanan di masyarakat, terutama menyangkut otoritas fatwa sebuah hukum, masyarakat bukannya mendatangi dan bertanya kepada para Ahlinya yaitu Kyai, Ustadz yang dikenal kealimannya, namun pola pikir masyarakat saat ini yang mulai maju akan berfikir serba instan, ia hanya perlu membuka hp atau gadget lalu menulis yang diinginkan, muncullah jawaban dari Ustadz atau tokoh lain, dan masyarakat mengambil mentah-mentah tanpa dibandingkan dengan pendapat lain.

Dari sini harus ada kearifan diri untuk tak langsung menelan informasi, berita atau fatwa, tapi ditelaah, dicerna, dibandingkan pendapat lain terlebih dahulu. Juga harus sadar untuk bermedia, lebih-lebih mampu berkontribusi dengan mengisi konten yang baik dan positif agar membawa kesejukan, ketenangan di dunia nyata maupun di dunia maya.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *