Peristiwa-peristiwa Penting yang terjadi pada Hari Jum’at

Allah SWT menganugerahkan banyak nikmat kepada hamba-Nya juga mengutamakan beberapa hal misalnya memberikan keutamaan  waktu-waktu tertentu seperti bulan Ramadhan sebagai bulan ampunan, hari Jum’at sebagai waktu berkumpul umat Islam dan ada waktu dikabulkannya doa.

Hari Jum’at merupakan hari raya mingguan umat Islam terutama adanya Shalat Jum’at mengajarkan kebersamaan dan silaturahmi sesama muslim serta meramaikan masjid sebagai baitullah dengan memperbanyak ibadah dan dzikir di dalamnya.

Menurut sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim menyatakan bahwa ada beberapa kejadian penting pada hari Jum’at diantaranya kisah turunya Nabi Adam ke dunia ini.

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ، ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻗﺎﻝ: «ﺧﻴﺮ ﻳﻮﻡ ﻃﻠﻌﺖ ﻋﻠﻴﻪ اﻟﺸﻤﺲ ﻳﻮﻡ اﻟﺠﻤﻌﺔ، ﻓﻴﻪ ﺧﻠﻖ ﺁﺩﻡ، ﻭﻓﻴﻪ ﺃﺩﺧﻞ اﻟﺠﻨﺔ، ﻭﻓﻴﻪ ﺃﺧﺮﺝ ﻣﻨﻬﺎ، ﻭﻻ ﺗﻘﻮﻡ اﻟﺴﺎﻋﺔ ﺇﻻ ﻓﻲ ﻳﻮﻡ اﻟﺠﻤﻌﺔ. رواه مسلم

Artinya: Diriwayatkan dari Abi Hurairah berkata:”Rasulullah bersabda:”Sebaik-baiknya hari yang matahari terbit adalah hari Jum’at karena pada hari itu Nabi Adam diciptakan dan pada hari itu ia masuk surga serta saat itu ia dikeluarkan dari surga. Hari kiamat tak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at. (HR. Muslim).

Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa turunnya Nabi Adam ke dunia ini pada hari Jum’at mengisyaratkan beberapa hal. Pertama, wujudnya keturunan yang sebagian ada yang menjadi Nabi, Rasul dan para Wali Allah. Kedua, sebagai sebab manusia menjadi seorang yang meramaikan bumi. Ketiga, sebagai sebab turunnya kitab suci dari sisi Allah.  Begitu juga hari kiamat akan terjadi pada hari Jum’at sebagai proses pembalasan amal kepada para hamba-hamba-Nya.

Dari sini dapat dipahami bahwa setiap waktu mempunyai hikmah tersendiri dan yang mampu mendapatkannya adalah orang yang selalu belajar menggali hikmah kehidupan dan mengamalkan ajaran-ajaran-Nya. Maka dari itu, pada hari Jum’at dianjurkan memperbanyak ibadah, membaca shalawat Nabi, juga membaca Al-Qur’an dan menghadiri shalat Jum’at agar mendapatkan banyak nikmat.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *