Saat Di Masjid, Dianjurkan Melakukan Hal-hal Ini

Masjid merupakan Baitullah (rumah Allah) maksudnya sebagai tempat untuk beribadah kepada Allah SWT juga sebagai simbol syiarnya agama. Masjid dibangun dengan dasar ketakwaan kepada Tuhan yang maha esa bukan karena hawa nafsu belaka.

Islam mengatur umatnya saat berada di masjid untuk melakukan hal-hal yang baik. Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar menjelaskan tentang amalan-amalan yang baik dilakukan di sana agar bertambah makna dan pahala.

يستحب الإكثار فيه من ذكر الله تعالى والتسبيح والتهليل والتحميد والتكبير وغيرها من الأذكار، ويستحب الإكثار من قراءة القرآن، ومن المستحب فيه قراءة حديث رسول الله صلى الله عليه وسلم وعلم الفقه وسائر العلوم الشرعية

Saat berada di Masjid, disunnahkan memperbanyak dzikir (mengingat) kepada Allah, membaca tasbih (membaca subhanallah) tahlil (membaca La ilaha illa Allah), tahmid (membaca Alhamdulillah), takbir (membaca Allahu Akbar) dan dzikir lainnya. Begitu juga dianjurkan memperbanyak membaca Al-Qur’an, Hadist, maupun kajian Islam lainnya.

Dari penjelasan diatas dapat dipahami bahwa masjid merupakan tempat yang istimewa bagi umat Islam. Seyogyanya agar selalu diisi dengan hal kebaikan bukan untuk mendapatkan kekuasaan atau jabatan sesaat juga sebagai tempat yang menginspirasi bukan tempat untuk caci maki sehingga terwujud kenyamanan, keamanan, ketenangan yang bersumber dari tempat ibadah ini.

Bila umat Islam sudah tak peduli dengan masjidnya, lantas siapa yang akan memakmurkannya?

Bagikan

moh afif sholeh

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *