Saat Dirimu tak Punya Kedudukan yang tinggi, 2 Hal ini Penting Kamu Miliki

Jabatan seringkali menjadikan orang menjadi gila, untuk mengejarnya seringkali lupa waktu, siang menjadi malam, malam menjadi siang, teman menjadi lawan, lawan menjadi teman. 2 hal ini penting kamu miliki.

Jabatan seringkali menjadikan orang menjadi gila, untuk mengejarnya seringkali lupa waktu, siang menjadi malam, malam menjadi siang, teman menjadi lawan, lawan menjadi teman. Berlebih-lebihan dalam mendapatkan sesuatu itu dilarang karena menyebabkan seseorang menjadi lupa segala-galanya, buta mata hatinya serta tuli telinga akan kebenaran yang menghampirinya.

Banyak pejabat yang telah mendapatkan posisi nikmat dianggap rendah oleh orang lain karena tak mencerminkan etika yang baik, tak me”manusia”kan manusia maksudnya tak menghargai jasa mereka terutama orang yang telah membantunya.

Imam Ragib al-Asfihani dalam Muhadirat al-Udaba’ mengutip perkataan Imam Al-Ahnaf:

من لم يكن له علم ولا أدب لم يكن له حسب ولا نسب

“Orang yang tak memiliki ilmu dan etika maka tak akan mendapatkan kedudukan juga nasab yang mulia.”

Ilmu pengetahuan sebagai dasar kesuksesan seseorang walau ia tak mempunyai gelar akademis apapun karena pada prinsipnya orang yang selalu belajar serta mengamati kehidupan, ia tak akan ketinggalan zaman. Ternyata ilmu saja tak cukup, karena saat ini banyak orang yang berilmu, tapi prilakunya keliru, banyak orang pinter, etikanya tak bener. Banyka orang kaya yang sukanya menindas orang biasa.

Dari sini ilmu dan etika mempunyai peran penting dalam menjadikan kesuksesan seseorang. Keduanya akan menjadikan dirinya menjadi orang yang baik serta namanya selalu harum sepanjang waktu walau dari keluarga jelata yang dianggap sebelah mata oleh masyarakat sekitarnya.

Leave a Reply