doa, amalan

Saat Malaikat dan Syaitan Berebut Pengaruh

Setiap manusia hidup di dunia akan digoda tahta, harta, wanita, bahkan ternak onta. Bila ia dikuasai hawa nafsunya maka akan menghalalkan segala cara lebih-lebih syaitan selalu memberikan bisikan agar dirinya tersesat sehingga ia menjadi teman setia sampai kelak saat di neraka.

Namun manusia akan mampu menahan dari berbagai godaan diatas bila ia selalu menggunakan akal sehat yang selalu dituntun oleh syariat. Dengan demikian malaikat selalu mendoakannya supaya selamat dari api neraka yang panas derajatnya bertingkat-tingkat.

Baca juga: Syaitan Menyesatkan Manusia juga dengan Kebaikan, Ini Buktinya

Suatu ketika syaitan dan Malaikat berperang pengaruh dengan tujuan menggoda manusia maupun memberikan petunjuk agar seseorang tak tergoda oleh rayuan makhluk yang terkutuk.

Imam Nawawi dalam kitab Al Adzkar mengutip kisah antara syaitan dan malaikat yang sedang mencari pengaruh seorang manusia yang hendak tidur. Ini penjelasan selengkapnya

ﻋﻦ ﺟﺎﺑﺮ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ: ” ﺇﻥ اﻟﺮﺟﻞ ﺇﺫا ﺃﻭﻯ ﺇﻟﻰ ﻓﺮاﺷﻪ اﺑﺘﺪﺭﻩ ﻣﻠﻚ ﻭﺷﻴﻄﺎﻥ، ﻓﻘﺎﻝ اﻟﻤﻠﻚ: اﻟﻠﻬﻢ اﺧﺘﻢ ﺑﺨﻴﺮ، ﻓﻘﺎﻝ اﻟﺸﻴﻄﺎﻥ: اﺧﺘﻢ ﺑﺸﺮ، ﻓﺈﻥ ﺫﻛﺮ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺛﻢ ﻧﺎﻡ، ﺑﺎﺕ اﻟﻤﻠﻚ ﻳﻜﻠﺆﻩ.رواه ابن السني

Artinya: Diriwayatkan dari Sahabat Jabir Radhiyallahu Anhu bahwasanya Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:”Sesungguhnya saat seseorang hendak tidur, malaikat dan syaitan mendekatinya. Malaikat berdoa: Ya Allah, akhirilah hayatnya dalam keadaan baik. Sedangkan syaitan berdoa:”Ya Allah, akhiri dia dalam keadaan jelek. Jika ia berdzikir kepada Allah terlebih dahulu kemudian ia tidur maka malaikat akan selalu menjaganya. (HR. Ibnu As Sunny).

Baca juga: Waspada saat Syaitan Membisikkan Hal ini

Dari kisah ini dapat dipahami bahwa dimana pun manusia berada maupun kapan saja, syaitan berusaha sekuat tenaga untuk menggoda manusia dengan berbagai cara. Solusinya agar terhindar dari bisikan dan godaan syaitan adalah dengan memperbanyak dzikir kepada Allah terutama saat hendak tidur karena keistimewaan orang yang berdzikir adalah malaikat selalu mengelilinginya serta selalu mendoakan kebaikan untuknya sehingga pengaruh syaitan mudah terkalahkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *