Saat Mendapatkan Hinaan dari Orang Lain, Lakukan hal ini - masholeh.com
1 views

Saat Mendapatkan Hinaan dari Orang Lain, Lakukan hal ini

Seseorang akan mengalami kegagalan bila selalu menggubris perkataan, kritikan bahkan “nyinyir” dari orang lain,  mereka hanya bisa menilai dari luarnya saja. Sebaik apapun yang kita lakukan pasti juga dikomentari, apalagi jika berbuat salah sedikit saja pasti  akan dibully berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Ini cara menyikapinya.

tertipu, emosi

tertipu, emosi

Seseorang akan mengalami kegagalan bila selalu menggubris perkataan, kritikan bahkan “nyinyir” dari orang lain,  mereka hanya bisa menilai dari luarnya saja. Sebaik apapun yang kita lakukan pasti juga dikomentari, apalagi jika berbuat salah sedikit saja pasti  akan dibully berhari-hari bahkan berbulan-bulan.

Nabi Muhammad sebagai seorang rasul yang memiliki budi pekerti luhurpun tak lepas dari hinaan, cercaan, tuduhan, bahkan intimidasi setiap saat. Berkat kesabaran dan kasih sayangnya, lawan menjadi teman,  orang yang sering mencela berubah menjadi pembela. Hal ini seperti  penjelasan dalam Al-Qur’an yang berbunyi:

وَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَاهْجُرْهُمْ هَجْرًا جَمِيلًا (10

Artinya: ” Dan bersabarlah terhadap apa yang mereka ucapkan dan jauhilah mereka dengan cara yang baik. (QS. Al Muzzammil: 10).

Menurut Ibnu Abbas Ayat ini sebagai motivasi untuk Nabi agar selalu bersabar dalam menghadapi cacian, hinaan, bahkan berita kebohongan yang dihembuskan untuk beliau.

Abu al-Lais as-Samarkandi dalam Tanbih al-Ghafilin menjelaskan tentang fungsi sabar,

ﻓﻲ اﻟﺼﺒﺮ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﺷﻴﺎء: اﻟﺴﺮﻭﺭ ﻓﻲ ﻧﻔﺴﻪ، ﻭاﻟﻤﺤﻤﺪﺓ ﻋﻨﺪ اﻟﻨﺎﺱ، ﻭاﻟﺜﻮاﺏ ﻣﻦ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ

Kesabaran Memiliki tiga fungsi. Pertama, Akan merasakan kenyamanan, ketenangan diri. Kedua, akan dipuji orang lain. Ketuga, mendapatkan pahala dari Allah.

Dari penjelasan ini dapat dipahami ketika mendapatkan nyinyir dari orang lain tak usah langsung emosi, apalagi melakukan perbuatan yang tak terpuji. Hadapi segala masalah dengan sabar karena pada prinsipnya semua akan cepat berlalu. Kuncinya jangan mudah terpancing dengan sesuatu yang diucapkan, dilakukan orang lain yang tertuju kepada kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *