doa, akhirat

Sahabat yang Ahli Dibidang Ilmu Tafsir

Dalam sejarah Islam dikenal banyak tokoh yang menginspirasi banyak orang diantaranya karena kezuhudannya atau ahli ibadah. Begitu juga banyak sahabat yang pakar dalam bidang fikih, strategi perang maupun pakar dalam bidan tafsir Al Quran.

Tokoh-tokoh kunci dalam perkembangan tafsir Al Quran semasa Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam masih hidup memberikan terobosan maupun khazanah keilmuan dalam pemahaman Al Qur’an kepada masa setelahnya yaitu generasi tabi’in.

Ada beberapa sahabat Nabi yang Mashur sebagai pakar dalam Tafsir Al Quran diantaranya adalah:

Pertama, Khulafaur Rasyidin yang dikenal sebagai para Khalifah selepas Nabi Muhammad yaitu Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, Ali bin Abi Thalib. Mereka termasuk sahabat yang alim dan mahir dalam disiplin tafsir Al Quran.

Sayangnya, tafsir yang diriwayatkan dari Khulafaur Rasyidin sedikit sekali yang sampai kepada kita dikarenakan mereka sibuk mengurusi dan melayani umat.

Kedua, Abdullah bin Abbas yang mendapatkan doa khusus dari Nabi Muhammad adalah Abdullah bin Abbas yang merupakan sepupu dari Nabi sendiri.

Abdullah bin Abbas mendapatkan keistimewaan ini karena selalu melayani Nabi sehingga dirinya selalu mengetahui respon, maupun sejarah turunnya Al Quran kepada Nabi Muhammad sehingga membawa namanya menjadi rujukan para sahabat Nabi yang lainnya terutama dalam bidang tafsir Al Quran.

Ia meninggal dunia pada tahun 68 H. dan dikenal sebagai pakar tafsir Al Quran, pakar dalam hadis Nabi Muhammad.

Ketiga, Abdullah bin Mas’ud. Ia termasuk sahabat yang memeluk agama Islam periode awal serta sebagai saksi sejarah sebagai sahabat yang mengikuti hijrah sebanyak dua kali dan ikut berpartisipasi dalam perang badar.

Abdullah bin Mas’ud dikenal pakar tafsir Al Quran seperti Abdullah bin Abbas karena selalu melayani dan mengikuti Sunnah-sunnah Nabi.

Nama lengkapnya adalah Abu Abdurrahman Abdullah bin Mas’ud bin Ghafil bin Habib Al Hudzaili. Ia dikenal sebagai seorang pakar ilmu tafsir, ilmu Qiraat, pakar dalam ilmu fikih dan dalam bidang hadis. Ia meninggal dunia pada tahun 32 H.

Tokoh-tokoh diatas merupakan generasi sahabat yang perlu diteladani dan diikuti terutama kecintaan mereka terhadap Al Qur’an dan tafsirnya.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)