Sebelum Masuk dan keluar Masjid, Nabi mengajarkan Membaca Doa ini

Dalam ajaran Agam Islam, segala sisi kehidupan dibahas secara tuntas, mulai urusan bersuci sampai hal yang sangat privasi. ini menunjukkan ajarannya sangat sempurna serta lentur diterapkan di segala lini kehidupan. Disamping itu Islam sangat menekankan etika dengan siapapun dan dimanapun ia berada.

Salah satu etika atau adab ketika masuk masjid dianjurkan shalat Tahiyat al-Masjid, serta niat beri’tikaf, dan ketika hendak keluar dari Masjid, Nabi memberikan tips kepada sahabatnya agar membaca doa tertentu, seperti dalam Hadits:

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺣﻤﻴﺪ ﺃﻭ ﺃﺑﻲ ﺃﺳﻴﺪ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ، ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: “ﺇﺫا ﺩﺧﻞ ﺃﺣﺪﻛﻢ اﻟﻤﺴﺠﺪ، ﻓﻠﻴﺴﻠﻢ ﻋﻠﻰ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﺛﻢ ﻟﻴﻘﻞ: اﻟﻠﻬﻢ اﻓﺘﺢ ﻟﻲ ﺃﺑﻮاﺏ ﺭﺣﻤﺘﻚ؛ ﻭﺇﺫا ﺧﺮﺝ ﻓﻠﻴﻘﻞ: اﻟﻠﻬﻢ ﺇﻧﻲ ﺃﺳﺄﻟﻚ ﻣﻦ ﻓﻀﻠﻚ” ﺭﻭاﻩ ﻣﺴﻠﻢ ﻓﻲ “ﺻﺤﻴﺤﻪ

Artinya: diriwayatkan dari Abi Humaid atau Abi Usaid R.A berkata: Rasulullah bersabda: ketika salah satu dari kalian memasuki masjid maka baca shalawat terlebih dahulu, kemudian membaca doa
: اﻟﻠﻬﻢ اﻓﺘﺢ ﻟﻲ ﺃﺑﻮاﺏ ﺭﺣﻤﺘﻚ
Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu Rahmat-Mu.
Dan bila hendak keluar dari Masjid maka membaca membaca doa:

: اﻟﻠﻬﻢ ﺇﻧﻲ ﺃﺳﺄﻟﻚ ﻣﻦ ﻓﻀﻠﻚ
Ya Allah, Aku meminta kepadamu atas anugerah yang engkau berikan. (H.R Muslim).

Doa diatas merupakan permintaan agar selalu diberikan Rahmat dan anugerah oleh Allah, hal ini bertujuan agar manusia selalu dituntun dengan petunjuk-Nya, karena akhir-akhir ini tempat yang suci dan dimuliakan oleh umat Islam seringkali dijadikan sebagai ajang dalam mencari popularitas, ataupun kepentingan sesaat yang dapat memecah keutuhan umat Islam.

Sebaiknya semua elemen sadar akan persatuan umat Islam bukan memperbesar perbedaan yang akan menyengsarakan orang lain dengan menjadikan masjid sebagai tempat untuk menambah ketaqwaan kepada Allah SWT.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *