manusia, 5 Hal yang Harus Disegerakan dalam Islam

Sumpah Iblis ketika Diusir dari Surga

Allah menciptakan berbagai macam makhluknya  berbeda-beda, ada yang baik  juga ada yang kurang menarik, ada yang taat juga ada yang maksiat. Semua memiliki hikmah masing-masing yang perlu digali dan menjadi renungan bagi manusia.

Makhluk yang dikenal sangat durhaka terhadap Tuhannya yaitu Iblis. Hal ini disebabkan prilakunya yang tak mau taat atas perintah-Nya serta memperlihatkan kesombongan dirinya dengan merasa lebih baik daripada Nabi Adam.

Kesombongan inilah yang menyebabkan dirinya menjadi makhluk yang terkutuk dan terusir dari surga bahkan ditetapkan sebagai penghuni abadi di Neraka walaupun awalnya dikenal sebagai ahli ibadah.

Iblis meminta kepada Tuhannya supaya umurnya dipanjangkan sampai hari kiamat. Permintaan ini bertujuan untuk menjadi teman setia di neraka Ia bersumpah dihadapan Tuhannya

قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ (16) ثُمَّ لَآتِيَنَّهُم مِّن بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَن شَمَائِلِهِمْ ۖ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ

Artinya: Iblis menjawab: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus (16)
kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat). (17).

Menurut Imam Al Qurtubi dalam tafsirnya menjelaskan bahwa iblis bersumpah dan berusaha keras untuk menyesatkan manusia dari jalan kebenaran serta supaya tergiur dalam urusan dunia bahkan lupa urusan akhirat.

Sumpah iblis ini di dasari rasa dendam yang membara kepada keturunan nabi Adam sehingga ia menggunakan berbagai cara untuk menyesatkan manusia. Pejabat digoda dengan jabatannya, orang kaya diuji melalui hartanya, orang pintar diuji dengan kepintarannya.

Dari sini, umat islam harus mengetahui dan memahami sumpah yang telah diucapkan oleh Iblis dengan berbagai strategi yang berupaya menjauhkan dari kebenaran dan melalaikan kepada kepada Tuhannya.