Kisah Umar bin Khattab Menegur Seorang Badui yang Salah Baca Al Qur'an

Surat Ini bila Dibaca Maka Dijauhkan Dari Kesyirikan

Al Quran diturunkan ke dunia ini bertujuan sebagai petunjuk untuk umat manusia supaya langkahnya benar dan jauhkan dari hal-hal terlarang sehingga pada akhirnya mendapatkan keuntungan di dunia dan akhirat.

Setiap orang yang mau membaca huruf dari Al Qur’an akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Pada dasarnya isi Al Qur’an berisi hikmah dan rahasia yang banyak sekali terutama bagi orang yang mau menekuni dan merenungi isinya.

Surat Ini bila Dibaca Maka Dijauhkan Dari Kesyirikan
Surat Ini bila Dibaca Maka Dijauhkan Dari Kesyirikan

Salah satu surat bila dibaca maka akan dijauhkan dari kesyirikan yaitu Surat Al Kafirun yang berbunyi:

قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ (1) لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ (2وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ (3) وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ (4) وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ (5) لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ (6)

Artinya:

(Katakanlah Muhammad), “Wahai orang-orang kafir (1) aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah (2)dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah (3) dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah (4)dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah.(5) Untukmu agamamu, dan untukku agamaku.(6)

Imam Nasa’i dalam kitab Fadhail Al Qur’an mengutip hadits Nabi Muhammad

ﻋﻦ ﻣﻬﺎﺟﺮ ﺃﺑﻲ اﻟﺤﺴﻦ ﻋﻦ ﺭﺟﻞ ﻣﻦ ﺃﺻﺤﺎﺏ اﻟﻨﺒﻲ ﻗﺎﻝ ﻛﻨﺖ ﺃﺳﻴﺮ ﻣﻊ اﻟﻨﺒﻲ ﻓﺴﻤﻊ ﺭﺟﻼ ﻳﻘﺮﺃ ( {ﻗﻞ ﻳﺎ ﺃﻳﻬﺎ اﻟﻜﺎﻓﺮﻭﻥ} ) ﺣﺘﻰ ﺧﺘﻤﻬﺎ ﻗﺎﻝ ﻗﺪ ﺑﺮﻯء ﻫﺬا ﻣﻦ اﻟﺸﺮﻙ ﺛﻢ ﺳﺮﻧﺎ ﻓﺴﻤﻊ ﺁﺧﺮ ﻳﻘﺮﺃ ( {ﻗﻞ ﻫﻮ اﻟﻠﻪ ﺃﺣﺪ} ) ﻓﻘﺎﻝ ﺃﻣﺎ ﻫﺬا ﻓﻘﺪ ﻏﻔﺮ ﻟﻪ

Artinya:

Diriwayatkan dari Muhajir Abi Al Hasan dari salah satu sahabat Nabi Muhammad berkata: Aku berjalan bersama Nabi kemudian mendengar orang yang membaca surat Al Kafirun sampai selesai lantas Nabi Bersabda: Orang tersebut terlepas dari kesyirikan kemudian kami melanjutkan perjalanan dan mendengar seseorang yang membaca surat Al Ikhlas sampai selesai maka ia akan diampuni oleh Allah. (HR. Nasa’i).

Dari sini penting kiranya seseorang memperbanyak membaca surat Al Kafirun supaya dijauhkan dari kekufuran maupun kesyirikan.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)