Surat Yasin, Sebaiknya dibaca Sebelum Mayyit Dimakamkan atau Sesudahnya - masholeh.com
0 views

Surat Yasin, Sebaiknya dibaca Sebelum Mayyit Dimakamkan atau Sesudahnya

Tradisi sebagian umat Islam di Indonesia ketika ada seseorang yang hendak meninggal dunia biasanya dibacakan surat Yasin dengan harapan agar dimudahkan saat sakaratul maut yaitu
saat keluarnya ruh dari jasad manusia. Sebetulnya waktu yang dianjurkan membaca yasin sebelum mayyit dimakamkan atau sesudahnya?

Dalam Fatawa Dar Al-ifta Al-Misriyyah dijelaskan bahwa para ulama berbeda pendapat terkait masalah ini.

Baca juga: http://masholeh.com/keistimewaan-surat-yasin-untuk-memudahkan-keluarnya-ruh/

Pendapat pertama, yaitu sebaiknya dilakukan menjelang sakaratul maut, dengan harapan Allah memberikan keringanan kepadanya lebih-lebih para malaikat berdatangan untuk mendengarkan bacaan Al-Qur’an sehingga turun rahmat Allah.

Baca juga: http://masholeh.com/dosa-terampuni-gara-gara-membaca-rutin-surat-ini/

Imam al-Mundiri dalam kitab at-Targib wa at-Tarhib mengutip Hadits Nabi,

عن معقل بن يسار رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال قلب القرآن يس لا يقرؤها رجل يريد الله والدار الآخرة إلا غفر الله له اقرؤوها على موتاكم
رواه أحمد وأبو داود والنسائي واللفظ له وابن ماجه والحاكم وصححه

Diriwayatkan dari Ma’kil bin Yasir berkata: Rasulullah Saw bersabda: Hatinya al-Qur’an yaitu surat Yasin. Tidaklah seseorang membacanya dengan tujuan mencari ridha Allah dan hari kiamat maka akan diampuni dosanya. Bacakanlah surat ini kepada orang hendak mau meninggal dunia. HR. Ahmad, Abu Dawud, Nasa’i, Ibnu Majah dan Imam Hakim.

Pendapat kedua, membaca Yasin ketika seseorang sudah meninggal dunia baik sebelum dikubur atau setelahnya. Bacaan ini bila dihadiahkan kepada orang yang telah meninggal maka ia akan mendapatkan manfaatnya juga kepada orang mendengar bacaan al-Qur’an. Menurut Ibnu Alan dalam kitab Dalil Al-Falihin menjelaskan bahwa bacaan Yasin ini dibaca ketika mayyit setelah dikuburkan baik di rumah atau di pemakaman.

Dari penjelasan ini, surat Yasin sangat penting untuk selalu dibaca dan tak terkait dengan waktu dan tempat, lebih-lebih bila dibacakan kepada orang yang hendak meninggal dunia atau setelah mayyit dikuburkan karena banyak manfaatnya bagi yang baca dan yang diberi pahala bacaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *