Kewajiban Menghormati Guru dalam Islam

Syeh Salim al-Khawas Membagi Manusia menjadi Tiga Golongan, ini Penjelasannya

Manusia hidup di dunia ini memiliki tujuan mulia yaitu untuk mengabdi kepada Tuhannya serta untuk meramaikan bumi ini dengan menyebarkan kebaikan bukan untuk bersenang-senang demi kepentingan sesaat seperti untuk mengejar tahta, wanita, unta bahkan toyota.

Abu Naim al-Asfihani dalam kitab Hilyat Al-Aulia mengutip perkataan Syeh Salim al-Khawas yang menjelaskan bahwa dalam urusan Ketaatan, manusia terbagi menjadi tiga golongan.

Pertama, Manusia disamakan dengan Para Malaikat yaitu orang mukmin yang selalu taat siang dan malam juga selalu cinta kepada orang yang ahli ketaatan.

Kedua, Manusia yang disamakan dengan hewan ternak yaitu orang yang orientasi hidupnya hanya makan, minum, kawin, dan tidur.

Ketiga, Golongan yang seperti syaitan yaitu orang yang selalu melakukan kemaksiatan setiap saat tak hanya sore, pagi harinya saja, ia lebih senang memberikan pahala kebaikan dirinya untuk orang lain.

Dari sini, bila manusia hanya mengejar kenikmatan sesaat ia akan merasakan kerugian yang mendalam serta kesengsaraan yang kian menenggelamkan dirinya kepada lubang kehancuran, maka dari itu manusia harus waspada agar tak terlena dan terbujuk oleh godaan dunia dan rayuan syaitan yang menyesatkan manusia. Kehidupan akhirat harus dijadikan motivasi dan evaluasi diri agar kehidupannya berdasarkan tujuan prioritas tanpa mengesampingkan urusan dunia.

Hal ini seperti yang tertuang dalam doa sapu jagad yaitu meminta kebaikan di dunia agar tercukupi kebutuhan materi maupun Ruhani, juga tak melalaikan akhirat sebagai tempat kembalinya semua makhluk kepada Penciptanya. Bila baik amal perbuatannya maka ia akan merasakan kebaikannya sendiri. Sebaliknya bila berbuat kejahatan maka ia akan merasakan kerugian bagi dirinya sendiri.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *