kisah, basmalah

Tafsir Surat Luqman Ayat 34 tentang Lima Hal Ini hanya Allah Yang Mengetahui

Allah Maha mengetahui segala-galanya serta maha mengatur mahkluknya tanpa adanya kekurangan sedikitpun. Ia menciptakan sesuatu pasti ada rahasia yang yang terkandung didalamnya. Orang-orang alim yang mengenal Allahlah yang diberikan kemampuan membaca keagungan-Nya seperti para Nabi maupun para kekasaih-Nya.

Ada lima hal yang menjadi rahasia, manusia tak mampu mengetahuinya hanya saja ia hanya mampu memprediksi gejalanya karena ia membaca kejadian yang selalu berulang-ulang, namun segala keputusannya hanya Allah yang mengetahuinya. Hal ini seperti keterangan dalam Surat Luqman: 34

إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْأَرْحَامِ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ (34

Artinya: Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dialah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

baca juga:http://masholeh.com/tafsir-surat-al-isra-ayat-19-untuk-mendapatkan-pahala-akhirat-harus-sesuai-tuntunan-syariat/

Ayat ini menegaskan bahwa hanya Allahlah yang mengetahui 5 hal ini.

Pertama, ilmu tentang datangnya hari kiamat, hari hancurnya bumi dan langit seisinya, hari yang ditakuti oleh semua manusia, banyak perempuan yang hamil tak terasa kandungannya sudah mengalami keguguran tanpa ia sadari. Pada hari itu bumi mengeluarkan material panasnya.

Kedua, Allah mengetahui kapan turunnya hujan, secanggih apapun alat detektor yang dimiliki manusia tak akan mampu memberikan kepastian, ia hanya mampu memprediksi saja. Banyak kejadian hujan turun saat cuaca sedang cerah dantak terlihat adanya mendung ataupun petir. Ini menunjukkan bahwa Allah Maha sempurna menurunkan hujan tanpa diawali mendung terlebih dahulu.

baca juga:http://masholeh.com/jangan-suka-melaknat-kelak-tak-bisa-memberi-syafaat/

Ketiga, Allah mengetahui yang ada di dalam rahim perempuan, ia termasuk perempuan yang mandul ataupun subur, begitu juga Allah mengetahui calon bayinya kelak seorang laki-laki atau perempuan. Walaupun dengan perkembangan teknologi yang canggih  mampu memprediksi calon si jabang bayi tersebut, namun seringkali prediksi tersebut meleset, dari awal diprediksi bayinya laki-laki dengan cirri-cirinya namun setelah keluar malah berbeda kelaminnya.

Keempat, manusia tak mengetahui kejadian yang akan terjadi pada esok hari. Berapa banyak orang yang sudah membuat jadwal kegiatannya tetapi pas hari itu ada halangan yang tak bisa dihindarkan bisa karena sakit atau kecelakaan, ketiduran atau hal lainnya. Maka dari itu, saat berjanji, atau hendak melakukan aktifitas esok hari, jangan lupa membaca insyaallah (semoga Allah menghendaki).

baca juga:http://masholeh.com/jabatan-tersingkir-gara-gara-ini/

Kelima, Allah mengetahui seseorang yang akan meninggal dunia, dalam keadaan apa, dimana tempatnya, masih dalam keadaan beriman atau inkar, dalam keadaan islam ataupun tidak. Semuanya menjadi teka-teki bagi manusia, ia tak boleh berbangga dengan amal ibadahnya, karena tak tahu akhir hayatnya, begitu juga seseorang tak boleh putus asa gara-gara merasa banyak dosa tetapi berusaha menjaga diri agar tetap istiqamah dalam beramal walupun hanya sedikit, walau kecil kebaikannya karena lama-lama menjadi besar sekali.

Dari penjelasan ini menunjukkan bahwa ilmu Allah sangat luas dan sempurna, Ia mengetahui segala apapun. Maka dari sini manusia harus sadar banyak kekurangan, ketidaktahuan dalam dirinya sehingga ia berusaha memperbaiki kekurangannya agar lebih mengenal pencipta-Nya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *