imam al-amidi

Tahukah Kamu, Amalan Ini Mulia di Hadapan Allah

Tujuan dasar diciptakannya manusia di dunia ini adalah untuk beribadah kepada Allah. Doa merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh Allah karena di dalamnya terkandung akhlak yang baik berupa penghambaan diri kepada pencipta-Nya dengan pengungkapan rasa tawadhu’ atau kerendahan hati.

Orang yang tak mau berdoa dikategorikan sebagai makhluk yang sombong terutama ia lupa kepada penciptanya yang telah memberikan kesehatan, kesempatan, anugerah yang lain.

Dalam sebuah Hadits Nabi

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم (ليس شيء أكرم على الله من الدعاء) رواه الترمذي وابن ماجه والحاكم

Diriwayatkan dari Abi Hurairah berkata: Rasulullah bersabda:”tak ada sesuatu yang lebih mulia daripada berdoa. (HR. Turmudzi, Ibnu Majah, Hakim).

Dari penjelasan diatas dapat dipahami bahwa doa mempunyai kedudukan yang mulia dan tinggi dihadapan Allah bahkan Dia murka kepada orang yang tak mau berdoa. Orang yang berdoa tak akan rugi, ia akan mendapatkan banyak hal terutama ketenangan jiwa yang dizaman sekarang sudah didapatkan.Maka dari itu, perbanyak doa akan hidup semakin mulia dan berharga.

Hakikat Doa merupakan permintaan kepada Allah SWT agar tercapai hajat seseorang, hal itu dianggap sebagai ibadah. Pada hakikatnya doa berfungsi sebagai bentuk pengakuan ketidakberdayaan hamba  di hadapan-Nya, juga sebagai sarana penghubung yang intens untuk mencurahkan segala permasalahan yang dihadapi kepada Dzat yang maha sempurna lagi maha segala-galanya.

Imam al-Suyuti dalam sebuah karyanya yang berjudul Siham al-Ishabah fi ad-Da’awat al-Mustajabah menjelaskan salah satu tanda doa dikabulkan oleh Allah, di antaranya berkaitan dengan waktu dan tempat.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *