DIRI, INFORMASI

3 Tanda Orang Cerdas yang harus Kamu Ketahui

Allah memberikan keistimewaan kepada manusia dengan fisik yang kuat, mata yang cermat serta akal yang hebat. Dengan akal inilah manusia mampu mengalahkan semua makhluk-Nya serta menjadikannya orang yang tinggi kedudukannya dihadapan Allah.

Akal manusia terbagi menjadi tiga bagian, bila dalam diri seseorang ada hal-hal ini maka ia menjadi manusia yang sempurna. Hal ini seperti keterangan yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Khudri yang dikutip oleh Abu Naim al-Asfihani,

قسَّم اللهُ العقلَ على ثلاثةِ أجزاءٍ ، فمن كُنَّ فيه فهو العاقلُ ، ومن لم يكُنْ فيه فلا عقلَ له : حسنُ المعرفةِ باللهِ عزَّ وجلَّ ، وحسنُ الطَّاعةِ للهِ عزَّ وجلَّ ، وحسنُ الصَّبرِ للهِ عزَّ وجلَّ

Artinya:” Allah membagi akal manusia menjadi tiga bagian, barangsiapa memiliki ketiganya maka sempurnalah akalnya, bila hal itu tidak ada maka kurang sempurna. Pertama, mengenal Allah (makrifat) dengan baik. Kedua, melakukan ketaatan dengan baik. Ketiga, Bersikap sabar secara baik.

Orang yang sempurna akalnya pasti akan mengenal Penciptanya, bila ia tak mengenal maka dipastikan ada kesalahan dalam menggunakannya. Dengan akal, manusia mampu membedakan kebaikan dan keburukan serta mampu memfilter segala informasi yang ia terima.

Orang yang mengaku beragama harus memiliki akal yang sehat sehingga pemahamannya tak tersesat karena pada dasarnya ajaran agama harus bisa diserap oleh umatnya dan sarana untuk mendapatkannya tidak lain adalah kecerdasan akal sehatnya.

Dalam hidup bermasyarakat, orang yang berakal harus lebih bersabar karena ia lebih mengerti daripada orang yang tak berakal. Jangan sampai seorang intelektual seperti orang yang tak pernah mengenyam pelajaran sekolahan.

Maka dari itu, akal manusia seharusnya digunakan untuk hal positif sesuai ajaran agama sehingga ia akan mendapatkan kenikmatan yang tak ada akhirnya.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *