Tarhib Ramadhan Sebagai Ajang Saling Silaturahmi - masholeh.com
0 views

Tarhib Ramadhan Sebagai Ajang Saling Silaturahmi

Ramadhan bulan yang sangat spesial, ia selalu dinanti kedatangannya oleh Umat Islam dipenjuru dunia karena bulan itu penuh keberkahan serta ampunan dari-Nya dan pintu Surga terbuka bagi orang yang beramal dengan kesungguhan maka perlu melakukan hal ini

ciri-ciri tawadhu'

ciri-ciri tawadhu'

Ramadhan bulan yang sangat spesial, ia selalu dinanti kedatangannya oleh Umat Islam dipenjuru dunia karena bulan itu penuh keberkahan serta ampunan dari-Nya dan pintu Surga terbuka bagi orang yang beramal dengan kesungguhan. Hal ini sesuai dengan Sabda Nabi,

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻗﺎﻝ: «ﺇﺫا ﺟﺎء ﺭﻣﻀﺎﻥ ﻓﺘﺤﺖ ﺃﺑﻮاﺏ اﻟﺠﻨﺔ» رواه البخاري

Artinya:”Diriwayatkan dari Abi Hurairah, Bahwasanya Rasulullah Saw bersabda:”Ketika datang bulan Ramadhan maka dibukalah pintu-pintu surga. (HR. Bukhari).

Menurut Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa maksud terbukanya pintu surga disini adalah turunya Rahmah. Hal ini sebagai kunci untuk mendapatkan pahala yang berlimpah dan mendapatkan surga yang nikmatnya tiada terkira.

Dalam menyambut datangnya bulan suci ini, masyarakat kita ada yang mengadakan pawai, arak-arakan keliling kampung yang diikuti oleh semua kalangan baik anak-anak atau orang dewasa yang bertujuan menambah syiarnya Islam dan sebagai ajang saling mengingatkan akan kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan. Hal positif ini perlu dilestarikan dengan selalu mengedepankan kebaikan bersama dan tak mengganggu jalan umum. Karena niat baik harus didasari dan dibarengi sikap yang baik sehingga tidak mendatangkan hal-hal yang diinginkan.

Tarhib Ramadhan juga berfungsi sebagai ajang silaturahmi sesama teman, kawan, saudara maupun tetangga. Dengan kuatnya tali silaturahmi ini diharapkan dalam mengahadapi bulan suci ini, umat Islam siap secara fisik dan mental sehingga mendapatkan keberkahan umur dan Rizki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *