Ini Penjelasan Lengkap tentang Tata Cara saat Bertamu - masholeh.com
0 views

Ini Penjelasan Lengkap tentang Tata Cara saat Bertamu

Islam sebagai Agama yang mengajarkan rasa kasih sayang kepada seluruh Alam, tidak hanya kepada sesama muslim tetapi menyayangi kepada orang yang berbeda keyakinan dengan kita.

Salah satu bukti bahwa Islam menjaga hubungan yang didasari rasa kasih sayang adalah mengajarkan kepada Umatnya untuk saling Silaturahim untuk mempererat tali persaudaraan. Ini Penjelasan Lengkap tentang Tata Cara saat Bertamu

GHIBAH, kenyang

GHIBAH, kenyang

Ada makalah yang sering kita dengar
زر غبا تزدد حبا

Berkunjunglah dengan tak terlalu sering karena akan menambah rasa sayang.

Islam sebagai Agama yang mengajarkan rasa kasih sayang kepada seluruh Alam, tidak hanya kepada sesama muslim tetapi menyayangi kepada orang yang berbeda keyakinan dengan kita.

Salah satu bukti bahwa Islam menjaga hubungan yang didasari rasa kasih sayang adalah mengajarkan kepada Umatnya untuk saling Silaturahim untuk mempererat tali persaudaraan.

baca juga: Alasan Umar bin Khattab Memilih Diam ketika Dimarahi Istri

Dalam hal ini, Islam mengatur tata cara dalam bertamu ke rumah orang, Sperti penjelasan Syeh Ali Ahmad Al-Jurjawi dalam Hikmat at-Tasyri’ wa Falsafatuhu, yaitu

Pertama, Seseorang yang akan berkunjung hendaknya selain waktu yang tak dianjurkan, misalnya waktu Dhuhur, biasanya tuan rumah sedang makan siang, atau sedang beristirahat.

Kedua, Meminta izin sebelum memasuki rumah. Dari sini dilarang menginti melewati jendela karena dikawatirkan akan terjadi fitnah.

Ketiga, Tak menginap melebihi waktu yang telah ditentukan yaitu tiga hari.

baca juga: Etika Tuan Rumah Saat Didatangi Tamu Undangan

Keempat, Tak mengetuk pintu lebih dari tiga kali. Bila tuan rumah tak ada sebaiknya pulang saja.

Kelima, Tak terlalu sering dalam berkunjung karena akan tuan rumah akan menjadi malas dan juga jangan terlalu jarang karena akan memudarkan tali persaudaraan.

Dari penjelasan ini, Islam sangat menganjurkan umatnya agar selalu menjaga hubungan baik antar saudara dan sesama muslim begitu juga sesama manusia agar terbina kerukunan dalam masyarakat.

baca juga: Agar Syaitan Lari dari Rumah Kita, Lakukanlah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.