GHIBAH, kenyang

Tertawa Terbahak-bahak Boleh Saja tapi Makruh dalam Kondisi Ini

Islam mengatur tata cara bergaul yang baik dengan masyarakat dengan menekankan saling menghormati satu dengan yang lain tak meremehkan kekurangannya dengan becandaan maupun gurauan yang berlebihan karena dikhawatirkan akan menyakiti perasaan orang tersebut.

Tertawa boleh saja asalkan tak sampai menyinggung orang lain. Abu Lais as-Samarkandi dalam kitab Bustanul Arifin menjelaskan bahwa ada lima kondisi seseorang dimakruhkan tertawa yang berlebihan karena tak sesuai situasi dan kondisi yang tepat.

Pertama, saat mengantarkan jenazah ke pemakaman dimakruhkan tertawa walau melihat hal-hal yang lucu atau hal yang menghebohkan. Seharusnya kondisi ini digunakan untuk mengambil pelajaran bahwa dirinya juga akan mengalami Kematian.

Kedua, saat sedang di area pemakaman umum atau kuburan keluarga. Di tempat ini seharusnya digunakan untuk berbuat kebaikan dengan mendoakan ahli kubur atau membaca Al-Qur’an yang dihadiahkan kepada mereka.

Ketiga, saat berkunjung atau berta’ziah kepada orang yang sedang terkena musibah baik bencana alam atau musibah kematian.

Keempat, saat membaca Al-Qur’an tak dianjurkan tertawa ketika melihat atau mendengar hal yang aneh karena pada hakikatnya orang yang membaca Al-Qur’an seperti orang yang sedang berkomunikasi dengan Tuhannya.

Kelima, saat sedang berdzikir kepada Allah baik dikala sendiri maupun bersama dengan orang lain.

Sedangkan menurut Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar menjelaskan bahwa tertawa yang dilarang adalah jika dilakukan berlebihan karena ada dampak negatifnya diantaranya adalah menjadikan kerasnya hati serta melupakan dzikir kepada Allah. Begitu juga kadang menjadi pemicu permusuhan antar sesama manusia.

Dari sini pentingnya menempatkan sesuatu pada tempatnya serta cerdas dan tepat dalam bersikap sehingga tak merugikan orang lain.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *