Tiga Pengakuan Seseorang yang Dianggap Dusta - masholeh.com
0 views

Islam tidak hanya mementingkan urusan ibadah semata, namun sangat konsen terhadap urusan sosial terutama kepada orang yang sangat membutuhkan pertolongan sangat dianjurkan. Hal itu sebagai wujud kepedulian sesama manusia.

Syeh Nawawi dalam Kitab Qami’ at-Tugyan mengutip perkataan Hatim bin Alwan yang menyatakan bahwa ada tiga jenis pengakuan seseorang dianggap dusta, yaitu:

Pertama, Barangsiapa yang mengaku cinta kepada Allah tanpa menjaga dari hal yang Ia larang atau haramkan, maka pengakuan ini sebagai sebuah kebohongan.

Kedua, Barangsiapa mengaku dirinya cinta kepada Nabi, namun tak mencintai atau menyayangi fakir miskin, maka ia termasuk orang yang berbohong.

Ketiga, Orang yang mengaku cinta atau senang masuk surga tanpaau menyedekahkan sebagain hartanya maka pengakuannya dianggap bohong.

Maka dari itu orang yang mengaku cinta kepada Allah harus mengetahui segala kewajiban dan menjauhi segala larangan-Nya, terutama dalam urusan sosial sangat ditekankan untuk selalu menyayangi kaum duafa, agar mendapatkan pahala Surga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.