Tiga Penyakit yang Menjangkiti Manusia Melebihi Virus Corona

Ibarat sebuah badan manusia yang lengkap fisiknya, kemudian tak dirawat maka lama kelamaan akan terkena penyakit yang akan menggerogoti dirinya. Begitu juga jiwa manusia bila tak pernah diisi dengan petuah bijaksana maka akan rapuh, terasa gersang dan tak mampu memberi inspirasi dirinya dan orang lain.

Imam Qusyairi dalam Risalahnya mengutip perkataan seorang Ulama’ yang bernama Abu Ali ar-Rubadzabari:

Ada tiga penyakit yang telah menjangkiti diri manusia, yaitu:

Pertama, penyakit yang telah merasuki tabiat atau watak manusia yaitu memakan makanan yang dilarang atau haram. Untuk mendapatkan sesuatu misalnya uang, seseorang sudah tak pernah berfikir cara untuk mendapatkannya sesuai tuntunan atau tidak. ilmu fikih dianggap basi padahal itu sebagai kunci dalam meraih keuntungan duniawi dan ukhrawi. Realita ini seperti dalam sebuah Hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari,

Artinya: Diriwayatkan dari Abi Hurairah RA, Nabi bersabda:”Akan datang kepada manusia suatu masa, seseorang sudah tak memperdulikan apa yang dapatkan dari sesuatu yang halal maupun haram. (HR. Bukhari)

Dari penjelasan ini, penting kiranya seseorang menjadikan syariat sebagai acuan dalam hidupnya bukan hawa nafsunya karena akan membawa keberuntungan di dunia dan akhirat serta akan selamat dari dari berbagai macam godaan.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *