Tiga Perumpamaan Manusia Menurut Imam Al-Ghazali

Setiap manusia mempunyai ciri khas masing-masing, ada yang pintar juga ada yang nasibnya terlantar, ada yang bijaksana juga ada yang prilakunya hina. Orang baik akan memberikan kebaikan sekedar kemampuan yang ia miliki kepada dirinya sendiri maupun orang lain.

Setiap manusia mempunyai ciri khas masing-masing, ada yang pintar juga ada yang nasibnya terlantar, ada yang bijaksana juga ada yang prilakunya hina.

Orang baik akan memberikan kebaikan sekedar kemampuan yang ia miliki kepada dirinya sendiri maupun orang lain.

Hal ini sesuai keterangan dalam sebuah Hadits:

ﻭﻋﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺑﺴﺮ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺧﻴﺮ اﻟﻨﺎﺱ من طال عمره ﻭﺣﺴﻦ عمله
ﺭﻭاﻩ اﻟﺘﺮﻣﺬﻱ ﻭﻗﺎﻝ ﺣﺪﻳﺚ ﺣﺴن

Artinya: Diriwayatkan dari Abdullah bin Bisr, ia berkata: Nabi bersabda:
“Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang panjang umurnya serta baik amalnya.”(HR. Tirmidzi)

Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa orang yang panjang umurnya serta ia isi dengan kebaikan maka akan Semakin banyak pahala dan akan diangkat derajatnya. Alasannya adalah pahala  bertambah disebabkan bertambahnya amal perbuatan. Maka orang yang baik selalu memberikan manfaat kepada orang lain.

Dalam hal ini, Imam Al-Ghazali dalam kitab Hidayatul Hidayah menjelaskan bahwa:

اﻟﻨﺎﺱ ﺛﻼﺛﺔ: ﺃﺣﺪﻫﻢ ﻣﺜﻠﻪ ﻣﺜﻞ اﻟﻐﺬاء ﻻ ﻳﺴﺘﻐﻨﻰ ﻋﻨﻪ، ﻭاﻵﺧﺮ ﻣﺜﻠﻪ ﻣﺜﻞ اﻟﺪﻭاء ﻳﺤﺘﺎﺝ ﺇﻟﻴﻪ ﻓﻲ ﻭﻗﺖ ﺩﻭﻥ ﻭﻗﺖ، ﻭاﻟﺜﺎﻟﺚ ﻣﺜﻠﻪ ﻣﺜﻞ اﻟﺪاء ﻻ ﻳﺤﺘﺎﺝ ﺇﻟﻴﻪ ﻗﻂ

Ada tiga perumpamaan manusia: Pertama, diumpamakan seperti makanan yang selalu dibutuhkan. Kedua, Umpama obat yang dibutuhkan tak setiap waktu. Ketiga, Umpama penyakit yang tak diharapkan.

Dari ketiga hal diatas manusia yang paling bermanfaat kepada orang lain diumpamakan seperti makanan yang selalu dikonsumsi setiap waktu oleh semua golongan yang selalu membutuhkannya, hal ini bisa dilakukan oleh Setiap orang, terutama seorang ibu yang selalu merawat anak, rumah tangga maupun mempersiapkan semua kebutuhan keluarga.

Maka dari itu manusia harus berusaha agar tak menjadi orang  yang seperti penyakit yang selalu menggerogoti tubuh, yaitu orang yang selalu menyusahkan orang lain, serta selalu membuat onar sekitar.

Leave a Reply