Tiga Tanda Orang Yang Mendapatkan Manisnya Keimanan - masholeh.com
0 views

Tiga Tanda Orang Yang Mendapatkan Manisnya Keimanan

Orang yang beriman akan mendapatkan kepuasan batin, hatinya selalu tenang walau sedang banyak ujian. Segala permasalahan dikembalikan kepada-Nya karena Ia Dzat yang Maha sempurna, akan membantu hambanya yang sedang kesusahan. Ini tanda-tandanya

Kitab Waraqat bag. 4 tentang Pembagian Kalam dalam Ilmu Usul Fikih

Kitab Waraqat bag. 4 tentang Pembagian Kalam dalam Ilmu Usul Fikih

Orang yang beriman akan mendapatkan kepuasan batin, hatinya selalu tenang walau sedang banyak ujian. Segala permasalahan dikembalikan kepada-Nya karena Ia Dzat yang Maha sempurna, akan membantu hambanya yang sedang kesusahan.

Tanda-tanda orang yang mendapatkan manisnya iman akan selalu mengedepankan urusannya kepada Allah, melalui usaha yang maksimal, serta selalu berusaha untuk taat kepada-Nya. Hal ini sesuai Hadits Nabi:

عن أنس بن مالك رضي الله عنه، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: ” ثلاث من كن فيه وجد حلاوة الإيمان: أن يكون الله ورسوله أحب إليه مما سواهما، وأن يحب المرء لا يحبه إلا لله، وأن يكره أن يعود في الكفر كما يكره أن يقذف في النار. رواه البخاري

Artinya: Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, Nabi bersabda: Ada tiga kategori orang yang mendapatkan manisnya iman. Pertama, Ia lebih mencintai Allah dan Rasul-nya melebihi yang lain. Kedua, ia mencintai seseorang atas cinta kepada Allah. Ketiga, Ia tak mau lagi kembali kedalam kekafiran seperti ia tak suka bila dilemparkan ke neraka. (HR. al-Bukhari)

Menurut Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan yang maksud dari manisnya iman adalah merasa nikmat ketika melakukan ketaatan, serta menahan sesuatu yang memberatkan diri dengan tujuan mencari Ridha Allah dan Rasul-Nya serta tak mengedepankan urusan dunia.

Ketika dalam diri seseorang sudah ada tiga hal diatas, maka sempurnalah keimanannya, serta ia tak mau kembali kedalam kekafiran, karena akan merugikan dirinya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *