Kewajiban Menghormati Guru dalam Islam

Tips Agar Mudah Mendapatkan Ilmu

Ilmu ibarat sebuah cahaya yang mampu menerangi jalan bagi pemiliknya, serta sebagai alat untuk membedakan kebaikan dan keburukan.

Untuk mendapatkannya dibutuhkan sebuah proses yang harus dilakukan. Abu al-Lais as-Samarkandi dalam kitab Tanbih al-Ghafilin yang mengutip pendapat seorang Ulama’ yang bernama Sufyan as-Sauri. Ia memberikan tips untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat, yaitu:

Pertama, disaat belajar dengan seorang guru, seorang murid harus diam, tak berkata sama sekali, apalagi menyanggahnya.

Kedua, seorang murid harus mendengarkan dengan baik penjelasan sang guru, agar ia mendapatkan semua materi yang akan diberikan.

Ketiga, setelah ia mendengarkan dengan baik, seorang murid harus selalu mengingatnya, lebih-lebih mau menghafalkan materinya sehingga tertanam dalam hati sanubarinya.

Keempat, Mempraktekkan ilmu yang telah ia dapatkan, karena ilmu tanpa amal maka akan kurang ada manfaatnya.

Kelima, setelah murid mengamalkan ilmunya, akan terasa bermanfaat untuk orang lain bila ia mau mengajarkan ilmunya sebatas kemampuannya. salah satu tips agar ilmunya bermanfaat adalah dengan cara menulis kemudian menyebarkannya, karena manfaatnya akan dimanfaatkan oleh banyak orang.

Imam Bukhari dalam Kitab Shahih al-Bukhari mengutip perkataan Umar bin Khattab:
ﺗﻔﻘﻬﻮا ﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﺗﺴﻮﺩﻭا
Artinya: Belajarlah dengan sungguh-sungguh sebelum kamu menjadi seorang pemimpin.
Hal senada juga disampaikan oleh Imam Syafi’i:

ﺗﻔﻘﻪ ﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﺗﺮﺃﺱ ﻓﺈﺫا ﺭﺃﺳﺖ ﻓﻼ ﺳﺒﻴﻞ ﺇﻟﻰ اﻟﺘﻔﻘﻪ.
Artinya: Belajarlah sebelum menjadi seorang pemimpin, jika kamu telah menjadi seorang pemimpin maka tak ada waktu lagi untuk belajar.

Maka dari itu belajar sangat penting bagi kehidupan. Untuk mendapatkannya harus mengikuti tips yang telah dipaparkan diatas.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *