shalat jamaah

Agar Shalat Kita menjadi lebih Sempurna, ini penting untuk Diketahui

Salah satu rukun Islam adalah menjalankan perintah Shalat. Shalat bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah sebagai Dzat yang menciptakan manusia, juga sebagai kontrol diri dari segala kemungkaran dan kejahatan diri kita.

Abu Al-Lais as-Samarkandi dalam kitab Tanbih al-Ghafilin menjelaskan bahwa Shalat seseorang menjadi lebih sempurna bila mengetahui ilmunya. Dalam hal ini, beliau membagi ilmu tentang shalat menjadi tiga macam, yaitu:

Pertama, Mampu membedakan Shalat yang Wajib dan yang Sunnah, ini sangat penting sekali, karena dimasyarakat kita masih banyak orang yang tak mengetahuinya, misalnya menganggap shalat tahajud wajib, tapi shalat shubuhnya kesiangan. Ini seperti pepatah yang berbunyi: besar pasak daripada tiang, ia mengejar pahala Sunnah dan yang wajib malah musnah.

Kedua, mampu mengetahui dan membedakan hal-hal yang berkaitan dengan Wudhu dan Shalat, mulai dari yang wajib dan Sunnah, Syarat dan rukun juga hal-hal yang membatalkan shalat. Pengetahuan tentang hal ini wajib dimengerti bagi setiap orang muslim, karena bila mereka tak mengetahui maka shalatnya tidak sah. Bila hal ini sudah ia ketahui maka ibadah shalatnya menjadi sempurna.

Ketiga, Mampu mengetahui rekayasa godaan syaitan terutama dalam berwudhu, atau dalam Shalat, contohnya syaitan biasanya membisikan keragu-raguan kepada orang yang sedang wudhu sehingga ia was-was dan banyak memubadzirkan air.

Ketika orang muslim sudah mengetahui ilmu seperti yang telah dijelaskan diatas, maka Shalatnya akan menjadi sempurna dan bermakna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *